Yunus Wonda Pastikan PON Akan Dilaksanakan di Papua

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Ketua Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, Yunus Wonda memastikan pelaksanaan PON XX tahun 2020 tetap dilaksanakan di Papua.

Wakil Ketua I DPR Papua ini mengatakan, saat pertemuan dengan presiden Jumat lalu, presiden telah menyampaikan beberapa pokok, diantaranya Pertama, presiden ingin mendengar kesiapan PON 2020 dan kedua, ingin mendengarkan kesiapan pembukan dan penutupan.

“Makanya kami sampaikan kepada semua publik Papua bahwa PON tetap dilaksanakan di Provinsi Papua. Presiden sama sekali tidak menyatakan PON dilaksanakan di luar Papua tapi hanya finalnya di Papua. Jadi tidak ada kalimat seperti itu dari presiden dan juga tidak ada penundaan,” tandas Yunus Wonda kepada Wartawan di ruang kerjanya, Senin (20/1/20).

Apalagi kata Yunus Wonda, presiden sangat mendukung penuh pelaksanaan PON di Papua dan meminta semua kementerian agar fokus pada PON 2020, baik dari sisi SDM, infrastruktur dan pelaksanaan.

“Jadi hoax kalau ada yang menyatakan hanya final PON di Papua. Pak Wagub sudah menyampaikan kesiapan PON 2020 di Papua saat pertemuan baik dari kesiapan infrastruktur, penyelenggaraan dan lainnya. Karena pelaksanaan PON Papua sesuai jadwal,” jelasnya.

Kata dia banyak orang meragukan apakah Papua bisa dan tidak melaksanakan PON, namun dengan tegas ia menyatakan pasti bisa. Papua aman dan siap melaksanakan PON.

“Sekarang rata-rata infrastruktur PON sudah dan akan selesai sesuai target. Yang dibangun ini kan sekarang dalam proses pembangunan dan semua yang dibangun menggunakan dana APBD selesai Maret atau April dan dibangun APBN rampung Juni atau Juli,” ujar Wonda.

Namun terkait masalah hak ulayat kata Politisi Partai Demokrat  itu, bahwa kita semua ini berada dalam negara hukum. Kalau merasa ada hak ulayat yang belum tuntas bisa ditempuh lewat jalur hukum, atau sampaikan ke Pemprov, bukan dengan cara palang memalang.

“Progres Pembangunan venue PON di Papua rata-rata  70-80 persen. Dan kita mesti optimis PON bisa dilaksanakan di Papua. Tapi kami PB PON juga akan memberikan porsi kepada gereja dan masjid dalam PON ini, selain yang dilakukan KNPI sebagai relawan PON,” pungkasnya.  (tiara)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansSuka
2,808PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles