Wujudkan Satu Data Kependudukan, BPS Mappi akan Lakukan Sensus

MAPPI, Reportasepapua.com – Sensus Penduduk 2020 menjadi salah satu agenda penting pemerintah yang akan diselenggarakan tahun 2020 ini. Kegiatan tersebut akan menjadi kunci terwujudnya satu data kependudukan di Indonesia, khususnya di Kabupateb Mappi, Papua.

“Ini sangat penting, karena dari sensus ini kita bisa mencapai dua tujuan, yang pertama adalah data jumlah, komposisi dan karateristik penduduk dan yang kedua adalah, kita memiliki parameter demografi, proyeksi penduduk serta indikator sustainable development goals” ujar Kasie Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mappi, Osan Jani Ode Tanda saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Aula Polres Mappi, (27/01).

Dia mengungkapkan, dasar pelaksanaan sensus penduduk mengacu pada UU No.16 Tahun 1997 Tentang Statistik dan PP No.51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik.

Selain itu ada juga, United Nation Recommendation yang mengharuskan setiap negara melakukan sensus penduduk minimal 10 Tahun sekali.

Ditambahkannya untuk pelaksanaan Sensus Pendudukbtahun 2020 Presiden RI, Joko Widodo telah mengeluaekan Perspres No.39 Tahun 2019 Satu Data Indonesia dan Perspres No.62 Tahun 2019 tentang Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Hayati. (irwan)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansSuka
2,809PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles