Wow…Harga Cabai di Mimika Mencapai 70 ribu / Kilo

Timika,reportasepapua.com – Memasuki bulan desember harga cabe lokal di pasar kota timika melambung tinggi hingga mencapi 70 ribu perkilo,Kamis (29/11/).

Beberapa sembilan bahan pokok di pasar Sentral kota timika melabung tinggi, harga itu tidak seperti hari-hari sebelumnya.

Seperti cabe rawit lokal asal timika, perkilonya mencapai 70 ribu sementara harga cabe ekspor atau yang biasanya di datangkan dari kota makasar dan kota jayapura mencapi 60 ribu perkilonya.

Sementara harga cabe merah  dan cabe kriting berkisar 50 ribu perkilonya dari harga sebelunya 40 ribu perkilo.

Walaupun dengan harga cabe yang begitu tinggi warga kota timika terpaksa harus memberilnya, karena hampir di tiga pasar yang berada di kota timika tetap dengan harga yang sama.

Menurut salah satu pedagang pasar sentral timika Jay, mengatakan bawah harga cabe rawit yang melambung tinggi merupakan cabe lokal karena cabe tersebut saat di panen langsung di jual di pasaran di kota timika, hal itu membuat harga cabe lokal melabung cukup tinggi dari cabe-cabe lain.

“cabe yang harganya tinggi ini cabe dari sp 2 timika, cabe ini didatngkan langsung dari daerah sp di kota timika dan petaninya selesai panen biasanya langsung di jual di pasar ini yang membuat harga cabe local itu naik”,kata Jay pedagang pasar sentral timika.

Jay menambhakan bawah, harga cabe lokal dan harga cabe dari luar papua harganya sangat berbeda jauh, dan hampir semua pedagang di tiga pasar di kota timika tetap menjual dengan harga kisaran 70 ribu perkilonya.

Terkait dengan cabe dari luar timika,seperti cari kota makasar dan kota jayapura,itu di datangkan dengan menggunakan pesawat, dan harganya sangat berbeda,karena cabe tersebut dinyatakan tidak terlalu segar.

“itu cabe memang sama hanya cabenya sudah di petik beberapa hari dan dikirim ke kota timika,maka harganya berbeda dengan cabe lokal di timika”,tambah Jay.

Sementara harga bawang puti dan bawang merah di pasar timika masih dinyatakan stabil dengan harga 30 ribu perkilonya,selain bawang merah dan bawang putih, adapun harga tomat yang sampai saat ini juga masih tetap stabil dengan kisaran harga 20 ribu perkilonya.

Diperkirakan di bulan desember harga sebilan bahan pokok akan melonjak naik dari hari-hari sebelumnya.(IB)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles