Wondama, Reportase papua.com- Cepat Tanggap pandemi Corona Virus Disease tahun 2019 (Covid-19) pemkab Teluk Wondama Provinsi Papua Barat telah keluarkan anggaran sebesar Rp. 689.300.000 rupiah untuk belanjakan tanah seluas 1 hektar penyiapan tempat pemakaman umum (TPU). Hal tersebut diungkapkan bupati Teluk Wondama Bernadus A Imburi ketika memimpin rapat evaluasi Covid-19 di gedung Sasana Karya kawasan perkantoran Isei, Senin, (27/4).

Lahan seluas 1 hektar itu disiagakan bila mana Kabupaten Teluk Wondama terkena wabah Covid-19 dan kemudian memakan korban maka lahan tersebut akan digunakan sebagai tempat pemakaman jasad akibat positif Covid-19. Mengingat kabupaten Teluk Wondama belum miliki lahan TPU
Penyediaan lahan tersebut selain sikap siaga tetapi juga mencegah agar tidak menimbulkan kekacauan di tengah masyarakat jika Wondamapun harus terkena wabah Covid-19. Halaman tersebut sangat jauh dari pemukiman warga sehingga dianggap tak menggangu warga.

“semua harus kita pikirkan, melalui dinas Lingkungan Hidup (DLH) kita sudah keluarkan anggaran sebesar Rp.689.300.000 juta rupiah untuk belanja tanah seluas 1 hektar dan itu kita dapat didaerah Warayaru. Areal yang dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda 4 terutama kendaraan jenasah, dan lahan ini tidak dekat dengan pemukiman warga, semua hal ini harus kita sediakan kita harus belajar dari daerah lain sehingga ketika kita mengalamai hal demikian kita sudah siapkan apa yang harus kita laksanakan,”kata Imburi

Meski telah disediakan lahan untuk makamkan jasad Covid-19 misalnya ada sudah tentu Pemda Kabupaten Teluk Wondama dan seluruh lapisan masyarakat Wondama tetap gigih penuh tindakan berharap Kabupaten Teluk Wondama terhindar dari pandemic Covid-19 yang saat ini sedang merajalela.

“Meski lahan sudah disediakan saya berharap dan kami semua berharap tetapi juga rakyat Wondama agar kita semua terhindar dari wabah Covid-19 dan bukan kita saja tetapi seluruh Indonesia dan juga dunia ini,” tutur Imburi. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here