Upaya OJK Optimalkan Penyaluran KUR di Papua

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan sebuah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tujuan dari KUR ini adalah untuk UMKM, menciptakan lapangan pekerjaan hingga mengentaskan kemiskinan. Karena itu, pemerintah menerbitkan berbagai macam kebijakan dalam pengembangan serta pemberdayaan yang memiiki tujuan untuk meningkatkan sektor riil dan memberdayakan UMKM.

KUR sangat bermanfaat untuk UMKM karena memberikan bantuan pembiayaan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya.

Kepala OJK Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf Fictor Tunggul Simanjuntak mengatakan hingga Oktober 2020 Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disalurkan kepada masyarakat sebesar Rp 936,3 Miliar dengan jumlah debitur sebanyak 22.163 debitur, hampir mencapai target dari tahun 2019 yang sebesar Rp 1 Miliar.

“Ini menandakan bahwa masyarakat juga sudah melek terhadap KUR, artinya tidak sia-sia selama ini OJK melakukan edukasi karena sudah mengalami peningkatan,” ucap Adolf, Senin (16/11/2020).

Adolf menyebut, OJK juga gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat KUR, dengan bunga 6 persen per tahun tentu, KUR sangat membantu perekonomian pelaku UMKM terlebih di Papua.

Sri Lestari, salah satu nasabah KUR mengaku merasakan langsung manfaatnya. Sri yang memulai usaha berjualan sembako sejak 2017 merasa sangat terbantu dengan menjadi nasabah KUR.

“Saya memanfaatkan dana KUR untuk menambah modal usaha, selain menjadi nasabah saya juga menjadi agen Brilink,” kata Sri, Selasa (17/11/2020).

Awalnya ia mengambil kredit sebesar Rp 25 juta kemudian setelah lunas ia mengambil kredit lagi sebesar Rp 50 juta. “Saat pertama kali mengajukan kredit juga tidak dipersulit oleh pihak bank,” tuturnya.

Dengan menjadi nasabah KUR kini usaha Sri Lestari semakin berkembang dengan penghasilan perhari mencapai Rp4 juta karena memiliki tempat usaha yang berlokasi sangat strategis di Perumnas II Kelurahan Yabansai, Kota Jayapura. (Ananda)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles