Untuk Tangani Pasien Covid, Petugas Kesehatan Masih Membutuhkan APD

0
178

Wasior, Reportase papua.com – Meski belum lengkap terkait alat kesehatan atau Alat Pelindung Diri (APD) tim medis Covid-19 tetap optimis jaga dan deteksi awal keluar masuk manusia dari penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di di tanah peradaban orang Papua.

Di kabupaten teluk Wondama saat ini masih kekurangan minimal 5 APD mulai dari kepala hingga kaki tetapi juga masker dan hand sanitizer meski 10 APD standar yang disposibel sudah didistrubusikan Provinsi Ppapua Barat ke Kabupaten teluk Wondama namun mengingat jarak antar ibu kota provinsi dan kabupaten Wondama memakan waktu cukup lama sehingga perlu ada penambahan pakaian disposibel 5 lagi, hal ini diungkapkan juru bicara Covid-19 dr. Yoce Kurniawan,Jumat, (20/3) kepada wartawan diruang kerjanya.

“Pengadaan masker masih lewat rumah sakit dan dinas kesehatan, bila kita temukan pasien suspek kita butuh perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang lebih lengkap standar. Saat ini kami baru dikirim 10 APD standar yang disposibel (sekali pakai) dan perlengkapan tubuh lainnya,” Ungkap DOkter Yoce.

Mengenai Ruang isolasi RSUD Wondama saat ini baru ada 3 ruang isolasi dan 3 ruang cadangan jika darurat maka akan dipakai.

“Dengan kapasitas menampung 3 orang saja sebab kata dr.Yoce PDP tidak bisa digambungkan dalam satu ruangan sebab belum terbukti positif atau negatif dari Covid-19 agar mencegah penularannya yang satu terhdap yang lain. Meski ruang isolasi sudah ada 3 namun masih standar sebab tidak memiliki teropong pembuangan udara ke area bebas di udara,” Tambah Yoce.

dr. Yoce juga menyarankan agar masyarakat sering mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir sebab itu sangat efisien.

“Khusus untuk hand sanitizer pada prinsipnya sama dengan mencuci tangan dengan air mengalir sama efektif membersihkan, malah kalau hanz sanitizer itu kalau kita diruangan bersih-bersih tapi kalau kita habis pegang-pegang kotor tidak bisa pakai hand sanitizer harus pakai air mengalir dan sabun jauh lebih efektif,” tutup dr.Yoce. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here