NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Tutup Musrembang di Rumberpon, Bupati Wondama: Perangkat Daerah Harus Konsisten Dalam Perencanaan dan Penganggaran – Reportase Papua

Tutup Musrembang di Rumberpon, Bupati Wondama: Perangkat Daerah Harus Konsisten Dalam Perencanaan dan Penganggaran

banner 120x600

Wondama,Reportasepapua.co.id – Kurang Lebih dua hari sudah Musyawarah Perangkat Daerah Pemkab Teluk Wondama berlangsung di distrik Rumberpon. Sejak 31 Maret hingga 1 April 2023 di gedung Gereja Lama. Dua hari melakukan pembahasan perencanaan program kerja dan penganggaran di tahun 2024 mendatang diharapkan mengacu pada kebijakan dan arah pembangunan prioritas Kabupaten Teluk Wondama terutama untuk mempersiapkan Wondama sebagai tuan rumah sidang sinode ke 19 GKI di tanah Papua dan peringati I abad peradaban orang Papua pada tahun 2025 nanti.


Sesuai rangkuman laporan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Teluk Wondama yang telah di sepakati Pemkab Teluk Wondama menjadi program kerja prioritas yang sudah didiskusikan dan dipaparkan adalah Percepatan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pembangunan pariwisata sebanyak 20 program prioritas. Program prioritas yang berfokus pada sektor perikanan sebanyak 10 program program pembangunan sektor industry dan UKM sebanyak 10 program.


Program prioritas pembangunan sektor pertanian sebanyak 10 program peningkatan kualitas SDM unggul berkarater berdaya saing serta perlindungan sosial sebagai berikut. Pembangunan kualitas dan akses pendidikan sebanyak 10 program pembangunan kualitas kesehatan sebanyak 16 program prioritas.


Peningkatan infrastruktur yang sah dan konektivitas antar wilayah untuk perayaan satu abad dan sidang sinode tahun 2027 dengan program prioritas sebanyak 15 program.


Program lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam (SDA) yang bekelanjutan dengan program prioritas sebanyak 12 program. Peningkatan tata kelola pemerintahan dengan program prioritas yang menjadi tindak lajut setalah forum perangkat daerah dan musrembang tahun 2024 adalah tahapan penajaman dan ferifikasi rancangan akhir pada setiap OPD yang berfokus pada pengurusan indikator, target indikator, penajaman kerangka arsitektur perencanaan rencana program pembangunan serta penetapan pagu.


Diharapakan agar perangkat daerah atau OPD agar segera menyelesaikan rancangan akhir renja OPD dan menyerahkan kepada BP4D pada 17 April 2023.


Bupati Kabupaten Teluk Wondama, Ir. Hendrik Syake Mambor,MM kala menutup rangakian kegiatan Musrembang mengatakan, percepatan penyusunan rencana kerja pada setiap OPD harus konsisten dan tepat waktu.
‘’Musrembang yang kita sudah bahas selama kurang lebih dua hari ini. saya ingin menyampaikan beberapa arahan untuk kita semua, yang pertama.

Percepatan penyusunan Renja OPD harus memperhatikan batas waktu pengumpulan rancangan akhir program kalau sudah selesai. Setelah pulang dari sini dua minggu ya, jadi masing-masing OPD harus kerja ekstra,’’Tukas Mambor.
Mambor menyampaikan kepala OPD harus konsisten, setiap program harus memiliki target pasti, dan berperan aktif serta memperhatikan program kerja yang bertajuk pada arah kebijakan pembangunan Pemkab Teluk Wondama.


‘’Tahapan selanjutnya dari forum OPD yang sudah dan berkomunikasi tentang Renja OPD untuk itu kepala OPD harus berperan aktif dalam proses lebih lanjut. Yang kedua para kepala OPD wajib memeprhatikan program prioritas arah kebijkaan pembangunan 2024 dan 2027 yang kemarin kita sudah bahas. Saya tidak akan pernah bosan menyampaikan, kita kerjakan sesuatu dengan target sukseskan 2024 2027 itu harus,’’ujar Mambor.


Lagi-lagi Mambor terus menegaskan, dua agenda penting yang berulang kali di di tegaskan Mambor adalah Peringati I Abad Peradaban dan Sidang sinode ke- 19 GKI di tanah Papua merupakan momen penting yang akan berdampak pada seluruh sektor pembangunan di Kabupaten Teluk Wondama. Oleh sebab itu, Mambor berharap setiap kepala OPD segera menyiapkan dokumen teknis program kerja dan penganggaran dengan baik.


‘’Sekalai lagi memang ini momen GKI, tetapi berdampak untuk semua. Dan saya mohon lagi bapak ibu pimpinan OPD segera menyiapkan dokumen teknis. Ini harus kita perhatikan baik. Kita harus merebut program-program lain yang di biayai langsung oleh kementrian lembaga supaya bisa mempermudah kita,’’tutur Mambor.


Lanjut menurut Mambor, jika konsistensi dan ketaatan melaksanakan rencana kerja program oleh setiap OPD baik maka semua sektor pembangunan akan berjalan baik pula.
‘’Perangkat daerah harus konsisten, mengarahkan pandangan prioritas dengan baik dalam perencanaan dan penganggaran. Saya biasa gunakan bahasa, taat perencanaan dan taat anggaran. Kalau hal ini berjalan baik maka semua akan berjalan baik. Dan tentu akan berdampak signifikan pada kesejahteraan masyarakat Wondama,’’


‘’Kita harus jeli melihat pandangan prioritas mana dan mana yang tidak. Saya harap, kita lebih melihat kepada bagaimana program prioritas yang berdampak langsung kepada masyarakat kita. Bekerja dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat di Teluk wondama.’’kata Mambor.


Sembari menutup rangkaian kegiatan Musrembang di distrik Rumberpin, Bupati Mambor bersama Wakil Bupati Drs. Andarias Kayukatui, M.Si menyampaikan terima kasih kapada seluruh pimpinan OPD dan juga para kepala distrik serta berterima kasih kepada Ketua DPR dan anggotanya juga masyarakat Rumberpon atas dukungan dan partisipasi sehingga Musrembang berjalan lancar dan aman selama kurang lebih 2 hari sudah berlangsung. (SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *