Selasa, September 21, 2021

Thomas Sondegau : Terhubungnya Jalan Trans Paniai-Intan Jaya Dapat Menekan Harga Kebutuhan

JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Terhubungnya Jalan Trans Papua dari Kabupaten Paniai ke Kabupaten Intan Jaya, seperti diungkapkan Wakil Bupati Intan Jaya, Yann R. Kobogoyoa, tampaknya ditanggapi positif oleh Anggota Komisi IV DPR Papua bidang Infrastruktur, Thomas Sondegau, ST.

Menurut Thomas, dengan terhubungnya jalan itu, maka dapat menekan harga kebutuhan di Intan Jaya dan roda perekonomian makin lancar.

Bahkan kata Legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Intan Jaya ini, jika benar jalan trans kedua kabupaten itu telah terhubung, maka mobilisasi barang ke Intan Jaya juga dapat dilakukan dengan menggunakan jalur darat.

“Kalau jalan sudah tembus, maka dapat menekan harga barang di Intan Jaya. Misalnya air menineral botol besar di Intan itu Rp 50 ribu. Jadi kalau sudah tembus jalan darat, maka harga di Intan Jqya bisa sama di Paniai atau Nabire,” katanya saat ditemui sejumlah wartawan.

Thomas Sondegau Mengatakan Pembangunan jalan Enarotali-Sugapa sementara dikerjakan balai dari empat titik menggunakan APBN dan sampai saat ini pembiayaan dari arah Paniai ke Intan Jaya dibiayai APBD provinsi.

“Memang butuh biaya yang cukup. Karena yang bisa masuk sementara baru motor atau ojek. Sementara biaya ojek dari Enaro ke perbatasan itu 600 ribu dan dari perbatasan (Wandai) ke Sugapa juga 600 ribu. Jadi pulang PP 2,4 juta,” jelasnya.

Meskipun begitu, sebagai anak daerah,  Thomas menyatakan akan turun ke lapangan untuk memastikan apakah benar jalan tersebut sudah tembus seperti pernyataan Wakil Bupati Intan Jaya.

“Saya harus turun ke lapangan cek untuk menyaksikan sendiri kondisi jalan tersebut. Karena nanti akan dialokasikan dana APBD Provinsi untuk peningkatan kalau sudah tembus,” ucapnya.

Sehingga tambah Thomas, ketika jalan Sugapa – Enarotali aksesnya sudah masuk, maka semua harga kebutuhan pokok masyarakat dapat terjangkau. Karena harga dari Intan Jaya itu sama di Enarotali dan di Nabire

“Apalagi jalan Sugapa menuju Enarotali, itu jalan trans yang akan menuju Puncak Papua, Puncak Jaya, Puncak dan Tolikara lalu masuk ke Wamena, sehingga perputaran ekonomi di Intan Jaya makin lancar,” tutup Thomas.(tiara)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles