Tabungan Haji dan Umroh jadi Produk Unggulan Bank Muamalat

0
261

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Ibadah Haji merupakan rukun islam yang ke lima yang wajib dikerjakan bagi mereka yang mampu, mampu dalam arti memiliki biaya untuk daftar dan bekal untuk dibawa dan bekal yang ditinggalkan untuk keluarga.
Pahala dari ibadah haji yaitu akan diampuni seluruh dosa-dosa yang pernah dikerjakan, akan kembali suci seperti ibarat bayi yang baru dilahirkan.

Maka dari itu, wujudkan niat anda untuk bisa berangkat ke tanah suci. Biaya daftar haji kurang lebih Rp25.500.000, untuk mendapatkan porsi haji. Setelah mendaftar maka akan mendapatkan nomor porsi dan akan berangkat sesuai dengan jadwal antrian yang telah ditentukan (masa tunggu setiap daerah berbeda).

Tentu semua umat muslim sangat ingin berkunjung ke Baitullah dalam rangka ibadah haji yang antriannya panjang dan jumlah kuota terbatas, maka umroh dapat menjadi alternatif.

Jika dilihat dari segi finansial, selama seseorang masih memiliki pemasukan rutin, ibadah haji atau umrah bisa saja dilakukan semua kaum muslim. Asalkan punya strategi pengelolaan keuangan yang baik dan sabar menabung.

Perencanaan keuangan untuk menyiapkan dana ibadah haji dan umroh yang pertama dilakukan adalah memasukkan biaya haji dan umroh dalam porsi perencanaan keuangan dan menyisihkan sekitar 5 sampai 10 persen dari gaji setiap bulannya.

Namun, dalam merencanakan keuangan dengan menabung untuk haji atau umroh perlu dilakukan di lembaga yang terpercaya. Karena akhir-akhir ini banyak pula kasus penipuan berkedok travel haji atau umroh.

Hingga saat ini, jumlah calon jamaah haji yang membuka tabungan haji di Bank Muamalat cabang jayapura yang sudah mendaftar berjumlah lebih dari 1.900 orang, terdiri dari haji reguler & khusus sekitar 1.400 dan Umroh sekitar 700 orang.

Branch Manager PT Bank Muamalat Indonesia cabang Jayapura, Elok mengatakan dari total nasabah Haji, sekitar 40 persen jamaah yang mendaftar tahun ini berasal dari Kota Jayapura sendiri, 30 persen dari Kabupaten Timika, dan 30 persen dari Kabupaten Merauke.

Tahun ini Bank Muamalat menargetkan pertumbuhan tabungan haji sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu.

“Bank Muamalat cabang Jayapura sendiri menawarkan prodak unggalan yaitu Tabungan Haji dan Umroh kepada masyarakat kota Jayapura khususnya yang ingin membuat perencanaan haji dan umroh,” ucap Elok, Rabu (4/3).

Tabungan haji dan umrah di Bank Muamalat Indonesia merupakan layanan perbankan syariah yang menggunakan akad Wadi’ah, yang dikelola secara fleksibel dan praktis. Tabungan ini hanya bisa dicairkan untuk membiayai perjalanan haji atau umrah.

Tabungan haji dan umrah Bank Muamalat Indonesia adalah tabungan yang fleksibel, karena Sobat Muamalat bisa memilih dan mengatur jumlah setoran serta jangka waktu menabung sesuai dengan paket haji atau umrah yang tersedia.

“Jumlah uang yang sudah ditentukan inilah yang akan didebit secara otomatis dari tabungan Sobat Muamalat pada waktu yang telah ditentukan, Sobat Muamalat juga tidak akan dikenakan biaya administrasi maupun biaya pemindahan dana ke rekening haji dan umrah,” katanya.

Ia menjelaskan, adapun beberapa persyaratannya yaitu mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening, melampirkan fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor.

Lalu melampirkan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), setoran awal sebesar Rp50 ribu, saldo minimal Rp50 ribu, dan biaya penutupan rekening gratis jika telah tercapai setoran lunas Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Selain fleksibel, tabungan haji dan umrah Bank Muamalat Indonesia juga praktis karena Sobat Muamalat tidak perlu khawatir kekurangan uang tunai berkat adanya kartu Shar-E Gold untuk bertransaksi di tempat-tempat yang menerima kartu berlogo VISA.
 
“Tidak hanya itu, dengan mendaftarkan haji Anda di Bank Muamalat Indonesia, Sobat Muamalat berkesempatan mendapatkan bonus atas dana simpanan dan memenangkan berbagai souvenir, perlengkapan haji, bahkan umrah gratis setiap bulannya,”imbuhnya. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here