Sukseskan Pon XX, Pertamina Resmikan SPBU Modular Kapasitas 3KL Di Kota & Kabupaten Jayapura

0
45

Jayapura, Reportasepapua. co. id – Dalam rangka mensukseskan PON XX Papua, PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading Papua Maluku membangun infrastruktur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Modular di dua titik.

Dua SPBU Modular ini memiliki kapasitas 3 Kilo Liter, yang masing-masing berlokasi di Pool Kendaraan Operasional PON XX di bekas terminal lama, Entrop, Kota Jayapura dan di Nendali, Kabupaten Jayapura. SPBU tersebut telah beroperasi dan diresmikan oleh Executive General Manager Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Papua Maluku Yoyok Wahyu Maniadi. Peresmian ditandai pengisian perdana bahan bakar dexlite kendaraan bus operssional PON XX Papua.

“Kami juga berharap dengan semua kendaraan operasional PON XX menggunakan dexlite yang ramah lingkungan tentunya udara di kota dan kabupaten Jayapura ini akan tetap terjaga dan bersih dari polusi akibat emisi gas buang, yang artinya walaupun jumlah kendaraan bertambah namun tingkat polusi tidak ikut bertambah,” kata Yoyok.

Area Manager Communication,Relatios & CSR PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Edi Mangun menyampaikan bahwa kendaraan yang akan dilayani di masing-masing SPBU Modular yang dipasang adalah kendaraan teregistrasi PB PON. Datanya terdapat di Pertamina, sehingga tidak sembarang kendaraan bisa mengakses di SPBU tersebut.

“Selain 2 spbu modular, kami juga menyiapkan 8 SPBU yg khusus melayani kendaraan operasional PON diluar jam operasi normal yg khusus dibuka untuk pelayanan kendaraan operasional PON agar pengisian BBM ke masyarakat umum tidak mengalami penurunan layanan akibat bertambahnya antrian pengisian di SPBU.
Adapun 8 SPBU tersebut berlokasi di Kota Jayapura sebanyak 2 SPBU, Kabupaten Jayapura sebanyak 2 SPBU, Kota Timika sebanyak 2 SPBU, dan Kota Merauke sebanyak 2 SPBU,” kata Edi.

Pengoperasian SPBU Modular Pertamina memberlakukan prosedur kesehatan Covid19, di mana operator yang kami siagakan telah melakukan vaksinasi lengkap sebanyak dua kali dan secara periodik dilakukan pemeriksaan lewat swab antigen. Dengan beroperasinya dua SPBU Modular, Pertamina menghimbau agar para konsumen SPBU regular tidak terganggu dalam pemenuhan kebutuhan BBM bagi kendaraan umum. Warga kota dan kabupaten Jayapura tidak perlu menyerbu SPBU untuk membeli BBM karena khawatir kehabisan stok.

Modular yang kita pasang ini adalah SPBU mini seperti Pertashop bisa jadi alternatif untuk membuka usaha di daerah yang belum ada atau jauh dari SPBU. Pertashop dapat dimiliki oleh warga masyarakat yang berminat dengan nilai investasi yang sangat terjangkau jika dibandingkan membangun SPBU.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda, menyambut baik langkah cepat dan tepat yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga dengan memposisikan SPBU Modular ini langsung di Pool Kendaraan Operasional PON. Diharapkan sampai selesai pelaksanaan PON XX dapat berjalan lancar dan tidak mengganggu pelayanan di SPBU reguler. (STELLA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here