JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM– Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Papua tampaknya bukan hanya menjadi tanggung jawab Polda Papua. Peran serta pihak terkait sangat dibutuhkan untuk memberikan rasa aman masyarakat.

PT Jasa Raharja misalnya yang ikut berperan menekan angka kecelakaan lalu lintas sepanjang Natal dan Tahun Baru 2020. Mereak bahkan telah menyiagakan anggotanya untuk membantu kepolisian dalam pengamanan.

Kepala Jasa Raharja Cabang Papua, Marganti Sitinjak memastikan, tetap melakukan siaga sejak 18 Desember hingga 2 Januari 2020. Misalnya dengan memantau langsung ke rumah sakit, Polres, bahkan Polsek.

“Kami akan siapkan petugas untuk pemantauan langsung ke Rumah Sakit, Polres dan Polsek, bilamana mendapatkan informasi kecelakaan, langsung menindaklanjuti penjaminan Rumah Sakit maupun Santunan yang nantinya akan diberikan kepada korban,” terangnya.

Sebagai komitmen mengurangi angka kecelakaan, Jasa Raharja menyerahkan bantuan sarana pencegahan kecelakaan lalu lintas secara simbolis kepada Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw. “Bantuan ini berupa Barikade, Life Jacket, Lifebuoy dan Traffic Cone. Bantuan ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Papua,” kata Marganti.

Kapolri Jenderal Idham Azis dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan, ada 12 hal yang difokuskan mengantisipasi gangguan kamtibmas.

Dua hal di antaranya menjadi perhatian oleh Jasa Raharja Papua yakni konvoi masyarakat dan pengendara yang dipengaruhi alkohol ataupun narkotika sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Sampai dengan November 2019 tercatat Jasa Raharja Papua telah membayarkan santunan sebesar Rp 28.363.568.488, angka ini menurun 17,85% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 yakni Rp 34.528.135.879,”bebernya.

Dengan penurunan jumlah santunan yang diberikan, artinya Jasa Raharja sudah menekan tingkat fatalitas korban laka lantas terutama jumlah korban meninggal dunia.

“Oleh karena itu, kami menghimbau agar masyarakat Papua tertib berkendara, mematuhi rambu lalu lintas agar natal dan tahun baru nantinya dapat dinikmati, dirayakan bersama keluarga dengan penuh suka cita,” sambung Marganti. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here