Sah, Pertandingan Perdana PON XX Klaster Kota Jayapura Cabor Softball Dibuka Oleh Ketum Koni dan Wali Kota !

0
135

Jayapura, Reportasepapua.co.id – Pertandingan PON XX Papua 2021 sudah dimulai di klaster Kota Jayapura pada Rabu, tanggal 22 September sampai dengan 3 Oktober 2021. Pertandingan Perdana Cabang Olahraga Softball Putra yang di selenggarakan di Venue lapangan Softball Uncen akan berlangsung sampai dengan penyisihan.

Ketua Umum Sub PB PON XX klaster Kota Jayapura, menyampaikan hari ini kick off PON XX tahun 2021 dimulai. “Semua ini terselenggara berkat dukungan dari KONI Pusat, Kementrian Olahraga dan PB PON Papua, sehingga pertandingan perdana ini bisa mulai di klaster Kota Jayapura.” Tutur Benhur Tomi Mano, Ketua Umum Sub PB PON XX klaster kota jayapura.

Benhur berharap masyarakat Kota Jayapura agar bersama – sama mendukung dan mensukseskan event empat tahunan ini, dengan menjaga keamanan dan ketertiban.

Mulai dari awal pertandingan yang sudah dimulai pada 22 September sampai pada acara pembukaan PON XX pada tanggal 2 Oktober 2021 mendatang.

“Sehingga PON XX empat klaster penyelenggara PON ditanah Papua, khusunya juga di kota jayapura bisa berjalan dengan aman, damai dan sukses.” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, yang membuka pertandingan perdana PON XX Papua, yakni Softball Putra Sulawesi Tenggara vs Softball Lampung, berlangsung di Lapangan Softball Stadion Agus Kafiar Uncen, Kota Jayapura.

Selama ini banyak kalangan yang pesimis dengan PON XX Papua, namun Papua sebagai tuan rumah bisa membuktikan bahwa PON XX akan tetap dilaksanakan pada Rabu (22/9) dengan dimulainya pertandingan di klaster kota jayapura, dan pembukaan perdana yang dipertandingkan dalam event PON XX yakni pertandingan Softball. “Yang mana pertandingan ini, mempertemukan Tim Softball Putra Sulawesi Tenggara vs Tim Softball Lampung”, tuturnya

Norman, mengakui PON XX kali ini tidak sama dengan PON – PON sebelumnya, karena kita dalam situasi pandemi. Dengan segala kekurangan, namun dengan semangat Olahraga bangsa kita ini bisa bangkit dari masa pendemi.

“Oleh karena itu, mari kita berikan dukungan kepada panitia penyelenggara dan kita jadikan PON ini sebagai pemersatu bangsa, mengkokohkan persatuan dan persatuan kita dalam bingkai NKRI,” Katanya

Sementara itu, Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda, mengatakan dengan keraguan dari semua kalangan bagaimana PON XX ini berlangsung dengan pembukaan pada hari ini.

“Kami pastikan bahwa PON XX akan sukses mulai dari pembukaan sampai penutupan dan kami mengajak semua masyarakat Papua, untuk memberikan dukungan karena PON XX hari sudah mulai ini” Tutupnya

Pertandingan Softball Putra diikuti oleh 7 peserta yaitu, Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Tenggara, Lampung dan Kalimantan Timur (Kalimantan Timur mengundurkan diri) Sedangkan Softball Putri 7 peserta diantaranya Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Pertandingan Softball Putra dan Softball Putri akan memperebutkan masing masing 3 medali Emas, 3 medali Perak, dan 3 medali Perunggu. Serta Sistem Pertandingan Cabor Softball babak pendahuluan, menggunakan sistem setengah kompetisi (Single Round Robbin) dilanjutkan dengan babak 4 besar (Page System) dan Grand Final.

Pertandingan Softball Putra sampai dengan penyisihan dilaksanakan di lapangan Softball
Uncen sedangkan di lapangan Softball Auri Kabupaten Jayapura untuk Page System dan Final. Sedangkan untuk Softball Putri akan dilaksanakan pada 4 – 11 Oktober di lapangan Auri Kabupaten Jayapura. (stella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here