Presiden Jokowi Akan Lantik LUKMEN di Istana Negara

Jayapura, reportasepapua.com – Presiden Joko Widodo dipastikan bakal melantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (5/9/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dari 9 Gubernur dan Wakil Gubernur itu diantaranya Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Terpilih periode 2018-2023, Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM.

Saat Dilansir Melalui Papuatoday.com, Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua, Elysa Auri, SE, MM mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan Protokol Presiden terkait persiapan pelantikan bahwa semuanya telah siap.

“Kami sudah rapat dengan Protokol Istana terkait pelantikan. Yang akan dilantik oleh Presiden Jokowi ada 9 Gubernur dan Wakil Gubernur,” ungkapnya usai melakukan rapat.

Menyoal proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang dimajukan lebih awal, Elysa menjelaskan, dari informasi bahwa memang pelantikan ini dimajukan atas perintah dan petunjuk dari Presiden Jokowi.

“Atas petunjuk Presiden Jokowi sehingga Sekretariat Negara langsung menyampaikan ke masing-masing provinsi bahwa pelantikan dimajukan lebih awal pada 5 September 2018,” terangnya.

Selanjutnya, dari hasil rapat bahwa Sekretariat Negara menyatakan bahwa persiapan pelantikan sudah siap sampai kepada Keputusan Presiden (Keppres) untuk 9 Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Terkait untuk pelantikan Gubernur Papua, kami sudah mengecek semua persiapan mulai dari atribut pakaian, lambang burung garuda, semuanya sudah siap,” imbuhnya.

Diakuinya, untuk jadwal pelantikan, dijadwalkan sekitar pukul 7.30 WIT, seluruh Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilantik sudah harus ada di istana untuk persiapan gladi sekitar pukul 8.00 hingga 9.00 WIB.

Selanjutnya sekitar pukul 9.45 WIT prosesi 9 Gubernur dan Wakil Gubernur diikuti Presiden memasuki ruang pelantikan.

Ia menambahkan, setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur selesai kemudian akan dilanjutkan dengan serahterima Ketua TP PKK untuk 9 provinsi termasuk Provinsi Papua di Kantor Kemendagri sekitar jam 14.00 WIT.

“Sementara mengenai serahterima jabatan Gubenur Papua direncanakan pada 7 September 2018 di Jayapura,” tambahnya. (***)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansSuka
2,808PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles