NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Perkuat Kewirausahaan OAP Di Wondama Dinas Koperasi dan UKM Gandeng Akademisi UNIPA – Reportase Papua

Perkuat Kewirausahaan OAP Di Wondama Dinas Koperasi dan UKM Gandeng Akademisi UNIPA

banner 120x600

Wondama, Reportasepapua.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Papua Barat gelar pelatihan kewirausahaan bagi Orang Asli Papua (OAP), Rabu, (28/8). Bupati Teluk Wondama yang berkesempatan membuka pelatihan tersebut meminta agar pelatihan yang dilakukan oleh dinas Koperasi dan UKM Provinsi Papua nantinya mendapat Output yang berkelanjutan sehingga membantu para pengusaha OAP dalam sisi ekonomi terus dan terus berkesinambungan serta tidak putus ekonomi rakyat Wondama.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aitumeri Inn itu Imburi menyampiakan banyak terima kasih atas perhatian provinsi kepada kabupaten teluk Wondama, oleh sebab itu Imburi meminta agar para pengusaha asli Papua dapat memperhatikan pelatihan ini dengan baik.

“Terimakasih banyak pak Gubernur ini merupakan perhatian bagi kami, Dalam Pembinaan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Masyarakat Wondama Tentunya bagi Orang Asli papua (OAP) agar dapat Bersaing dengan saudara-saudara kita Non Papua,” Tutur Imburi.

Imburi menilai Kegiatan tersebut akan sangat Bermanfaat bagi para pelaku usaha baik usaha kecil maupun usaha menengah bahkan usaha besar, oleh sebab itu Dia meminta OAP harus membuka diri memahami pola kewirausahaan yang baik.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan standar minimum terpadu kegiatan ini akan meberikan pengetahuan dalam upaya peningkatan SDM bagi Wirausaha OAP sehingga kita lebih maju dan lebih baik, maju mundurnya suatu usaha tergantung dari bagaimana kita keseriusan kita dalam berusaha, ulet dan tekun,” Ujar Orang Nomor satu itu.

“saya minta kita serius ikuti kegiatan ini dengan baik agar berguna bagi kita membantu pola manajemen dalam berwirausaha yang baik, terima kasih bapak Gubernur sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak, sudah perhatikan kami di Wondama, kita harus jadi pengusaha yang sabar, pintar ulet melakukan usaha sehingga mampu bersaing dengan mereka yang pendatang, ujar Imburi sembari berpesan kepada dinas Koperasi dan UKM agar selalu berikan pelatihan praktek dan pengawalan .

Sementara itu Kepala bidang Produksi Koperasi UMKM Porvinsi Papua barat Ir. Ery Widodo mengatakan, Produk local maupun non local yang sudah ada akan terus di bantu pemerintah provinsi bersama dengan Pusat Layanan Usaha terpadu (PLUT) Unipa guna mendorong kemajuan Produk wirausaha masyarakat Wondama terutama pengusaha OAP.

“Kami akan terus lakukan pendampingan dan akan terus membantu mempromosikan produk-produk local Wondama ini untuk bermitra dengan para wirausahaan yang dianggap pantas untuk menjual produk-produk dari tidak hanya Produk dri Wondama dari kabupaten lain juga di Provinsi papua barat,” ujar Widodo.

Ditempat yang sama Kepala bidang Kelembagaan pemberdayaan Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat Hans Soor katakan, kesuksesan para wirausaha OAP juga membutuhkan perhatian dari pemda setempat guna mendukung kualitas produk yang akan di jual keluar.

“Saya harap dinas Pedindagkop pemkab Wondama berkoordinasi dengan kami sehingga kamipun memiliki data tentang jumlah kewirausahaan OAP yang harus terus dibina dalam hal apa, sehingga ini benar-benar berjalan dengan baik, contoh ada manisan rumput laut yang sudah dikembangkan masyarakat UMKM local Wondama, dinas kesehatan, dinas perindagkop kita haru kerja sama dalam hal kemanan pangan, sterilisasi kemasan produk pangan itu sendiri dan lainnya, sehingga saya harap ada perhatian serius dari dinas terkait sehingga kedepan produk-produk local ini dapat kita munculkan menjadi produk unggulan khas Papua,” Tutur Soor.

Konsultan pelatihan Kewirausahaan akademisi Universitas Negeri Papua (UNIPA) Mathelda Roreng, S.TP.M.Si mengemukakan selain membutuhkan tekad dan niat pantang menyerah menjadi seorang wirausahaan harus juga didukung dengan pola penyediaan produk usaha secara baik dan tepat pasar.

“Selain tekad dan niat serta kerja keras, disiplin, komitmen yang tinggi juga, haru diperhatikan jenis produk tampilan dan nama label produk, patut jadi perhatian sebab kemasan dapat menentukan sutau nilai produk itu sendiri,” kata Dosen Unipa ini yang krab di sapa Theti.

Sementara Wilson P Aman, S.TP,M.Si, menjelaskan dalam bermitra usaha perlu adanya saling percaya sehingga ada hubungan keberlangsungan suatu usaha yang saling menguntungan satu dengan yang lainnya. (Solfi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *