Minggu, September 19, 2021

Peningkatan Jumlah Pencari kerja Signifikan, Disnaker Biak Numfor akui perlu di bekali berbagai Keterampilan

BIAK, reportasepapua.com – Jumlah Pencari kerja di Biak Numfor hingga tahun 2018 mencapai  4917 orang. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Biak Numfor, Peningkatan signifikan juga terjadi pada bulan Agustus hingga bulan Oktober 2018 dimana data mencatat 1368 orang melakukan pengurusan Kartu kuning dengan klasifikasi berijazah SD dan SMP 12 orang, SMA dan SMK 697 orang dan berijazah D3 maupun Sarjana 619 pencari kerja.

Kepala Dinas tenaga kerja Biak Numfor Dr. Enias Rumbewas, SE, M.Si mengatakan, pada tahun ini pihaknya telah melakukan pembekalan ketrampilan melalui Balai Latihan Kerja kepada 154 orang dan Seleksi serta pembekalan  lainnya melalui BLK Sorong dan sejumlah 12 orang oleh BLK Bekasi  guna menjawab serapan tenaga pada sektor riil.

“Upaya kami agar tenaga kerja produktif dibekali dengan Skill sesuai tuntutan peluang kerja, Langkah selanjutnya adalah integrasi tugas dari SKPD terkait lainnya, diantaranya sektor potensial seperti Perindag, Perikanan Kelautan, Pariwisata menjadi penting, baik dari sisi Permodalan maupun dukungan Program pengembangan usaha mandiri,” jelasnya.

Pemerintah daerah  saat ini memberi perhatian besar guna menjawab kebutuhan akan lapangan kerja baik melalui koordinasi dan komunikasi kepada pihak Swasta di Biak. Selain itu keseriusan Pemerintah dilakukan dengan Advokasi kepada Dunia Usaha yang memberi peluang terhadap serapan tenaga kerja dalam hal investasi dan penyediaan Sumber daya Manusia, tapi juga Advokasi terhadap Tenaga Kerja agar meminimalisir persoalan ketenaga kerjaan.

Enias Rumbewas mengakui terkait serapan dunia kerja, ketersediaan tenaga skill sesuai kompetensi khusus yang diminati Putra-putri Papua masih terbatas secara Kwantitas diantaranya di Bidang Industri dan Manajemen Bisnis maupun bidang lainnya.

“Oleh sebab itu kami terus berupaya agar kedepan guna menjawab kebutuhan tenaga kerja yang saat ini di dominasi tenaga kerja tamatan dari Luar Biak maupun Papua, perlu dilakukan Investasi Sumber daya manusia, melalui Program Beasiswa oleh Pemerintah Daerah,” Tuturnya.

Dinas Tenaga Kerja Biak Numfor Optimis, dengan peningkatan kapasitas tenaga kerja usia Produktif, melalui berbagai pelatihan bagi Pencari kerja usia produktif, ke depan akan mampu merangsang bertumbuhnya Usaha mandiri, sehingga dapat menekan angka pengangguran di Biak Numfor.(jefri)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles