Pempus Siapkan Bantuan Tambahan Dana Khusus Bagi Rumah Tangga Miskin

0
75

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA – Pemerintah Pusat dalam sisa tiga bulan kedepan bakal menyiapkan bantuan berupa tambahan dana tunai khusus bagi rumah tangga miskin ekstrem di lima kabupaten prioritas Provinsi Papua dengan menggunakan data yang sekarang tersedia. 

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, untuk program khusus di 2021 ini, pemerintah akan menggunakan program Sembako dan BLT-Desa untuk memberi dukungan tambahan bagi kelompok miskin ekstrem di 5 kabupaten prioritas.

“Sebab terkait dengan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua, sesuai amanat Inpres Nomor 9 Tahun 2020, maka kita harus memberikan perubahan nyata dan hasilnya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP), yang diupayakan melalui strategi percepatan pembangunan kesejahteraan yang bertumpu pada 5 kerangka kebijakan yaitu: pembangunan SDM unggul, transformasi dan pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur, pelestarian kualitas lingkungan, dan tata kelola pemerintahan,” tegas Wapres di Jayapura, Sabtu (16/10/2021).

Wapres pada kesempatan itu meminta agar gubernur dan seluruh bupati wilayah prioritas pada sisa tahun 2021 di Papua, untuk dapat bekerja keras memastikan seluruh rumah tangga miskin ekstrem menerima seluruh program pusat.

Baik program pengurangan beban pengeluaran maupun program pemberdayaan. 

“Gubernur dan para bupati agar juga memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam APBD masing-masing, khususnya yang sesuai dengan karakteristik miskin ekstrem di wilayah masing-masing,”tegasnya.

Usai menutup secara resmi pagelaran PON XX 2021 Papua, Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin Sabtu (hari ini) melakukan dialog dengan Tokoh Masyarakat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Papua guna membahas dua agenda penting yaitu, pengurangan kemiskinan ekstrem dan percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua. 

Dialog tersebut dihadiri oleh Gubernur Papua dan Para Bupati yang wilayahnya dijadikan prioritas dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem di tahun 2021, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah dan Deiyai. 

Dialog ini merupakan rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Papua dalam rangka rapat koordinasi percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2020, sekaligus untuk membahas prioritas Pemerintah untuk pengurangan kemiskinan ekstrem tahun 2021 yang ditujukan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem sampai nol persen pada tahun 2024. 

Diketahui, Papua merupakan salah satu dari tujuh provinsi prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem tahun 2021, Sebelumnya Wapres telah melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku dan Papua Barat, yang setelah di Papua akan dilanjutkan ke Provinsi NTT.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here