Pemprov Diminta Segera Tunjuk Jubir Guna Menyampaikan Perkembangan Corona

0
280

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Merebaknya virus Corona yang telah ditetapkan World Health Organization atau WHO sebagai pandemik global, yang menimbulkan keresahan dan kekhawatiran yang cukup tinggi bagi masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pasalnya, belakangan ini telah beredar informasi atau pesan singkat di media sosial terkait sudah masuknya covid-19 atau corona ke Papua. Padahal, informasi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

Namun Pemerintah telah menyampaikan bahwa bahaya Virus Corona atau Covid-19 ini sudah menjadi bencana nasional. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi Kesehatan,  Kamasan Jack Komboy meminta, Pemerintah Provinsi Papua segera menunjuk juru bicara (Jubir) untuk menyampaikan perkembangan terkini terkait corona di Papua.

“Sehingga semua informasi terkait corona itu disampaikan lewat satu pintu saja,” kata Jack Komboy saat ditemui Wartawan  di ruang kerjanya, di kantor DPR Papua, Senin (16/3/20).

Menurutnya, Jubir yang nantinya ditunjuk pemprov, itu tidak hanya mewakili provinsi saja tetapi juga sampai di kabupaten/kota se-Papua.

“Jadi berita tidak keluar dari banyak pihak, sehingga informasi itu bisa keluar satu pintu,” jelasnya.

Apalagi lanjut Jack Komboy,  dalam menyampaikan informasi soal perkembangan Corona di Papua, itu harus transparan ke publik. Sehingga tidak timbul kepanikan yang dapat merugikan masyarakat Papua.

“Justru saya juga melihat pemerintah kurang melakukan sosialisasi. Jadi saya berharap setelah kami di DPRP melakukan sosialisasi, tentunya dapat diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang ada di lingkungan Pemprov, “harapnya.

Untuk itu, Politisi Partai Hanura ini menegaskan,  jika sosialisasi itu perlu dilakukan. Sebab masyarakat bisa tahu bagaimana penanganannya. 

“Saya juga memantau di kampus, tapi belum dilakukan sosialisasi. Saya  harap,  di kampus juga lakukan itu. Karena takutnya orang yang tidak tahu jadi panik,” imbuhnya.

Perlu diketahui,  bahwa ada beberapa metode pencegahan yang cukup mudah dilakukan oleh kita agar terhindar dari tertularnya virus Corona. Salah satunya ialah dengan cara mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan cairan disinfektan atau pun sabun anti kuman.

Hal tersebut cukup  efektif  didalam meminalisir akses penyebaran virus karena senantiasa bersih. (tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here