Pemkab Jayapura Gandeng Sarmi Jalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Sentani, reportasepapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengandeng Kabupaten Sarmi untuk menjalankan pemerintahan berbasis elektronik.

Hal ini dilakukan setelah Kabupaten Jayapura bersama Wolrd Bank (Bank Dunia) dan Komunikasi Nasional yang akan menjadikan Kabupaten Jayapura sebagai Pusat Teknologi Informasi di Provinsi Papua.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memoradum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan Wakil Bupati Sarmi Yosina T. Insyaf, SE. MM di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Selasa (04/12/2018).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si usai menandantangani MoU mengatakan, kerja sama di bidang teknologi dan informasi antar Kabupaten Jayapura dan Sarmi ini perlu dilakukan. Mengingat kondisi dunia yang saat ini sudah sangat maju dibidang teknologi dan informasi.

Awoitauw menjelaskan, dengan bantuan system Government Cloud pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan public yang prima kepada seluruh masyarakatnya.

“Dengan mengajak Kabupaten Sarmi untuk bekerja sama, bukan berarti Kabupaten Jayapura lebih baik. Tetapi kerja sama ini dalam arti untuk saling mendukung dan saling menunjang untuk memperbaiki system pelayan public yang selama ini belum maksimal dapat lebih baik lagi kedepannya” jelas Awoitauw.

Awoitauw juga mengatakan bahwa, sistem Government Cloud  ini adalah salah satu bukti bahwa pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan suatu daerah.

“Sistem informasi elektronik ini akan menolong kita menuju percepatan kinerja kita di pemerintahan. Selain percepatan hal ini juga tentang keterbukaan dalam melayani masyarakat. Agar masyarakat juga dapat mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah” katanya.

Dirinya juga mengungkapkan, sesungguhnya pelayanan public bukan hanya kewenangan dari pemerintah daerah saja, tetapi juga semua pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung dalam memberikan support bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang bersih, bermartabat dan menjadi berkat bagi seluruh masyarakat di suatu daerah.

“Oleh sebab itu hari ini kita sepakat untuk bagaimana pemerintah Kabupaten Jayapura dan Sarmi bisa memberikan satu teladan yang baik bukan hanya untuk Papua tapi juga untuk Indonesia. Kita bisa lakukan ini dengan cara kita sendiri untuk mengajar kepada semua pihak di seluruh Nusantara bahwa Papua bisa” tandasnya.

Ditambahkannya, oleh sebab itu apa yang telah dilakukan saat ini sekiranya dapat menjadi suatu langkah besar untuk menuju peradaban baru yang berbasis teknologi industry di Papua.

“Karena itu terima kasih untuk pemerintah Kabupaten Sarmi yang telah mempercayakan Kabupaten Jayapura sebagai kabupaten induk untuk bisa memberikan yang terbaik dan bisa menjadi suatu pembelajaran bersama untuk masa depan kita di tanah Papua dan Tabi secara khususnya” pungkas Awoitauw.

Sementara itu, Wakil Bupati Sarmi, Yosina T. Insyaf mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura secara khususnya Bupati, Mathius Awoitauw yang telah berinisiatif langsung mengajak Kabupaten Sarmi untuk bekerja sama untuk menyelenggarakan pemerintahan berbasis elektronik.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya akan belajar dari Kabupaten Jayapura. “Kenapa kita harus belajar kepada Kabupaten Jayapura karena Kabupaten Jayapura ini adalah ibu kandung kami, sehingga kami patut belajar kepada ibu soal apa yang telah ibu lakukan terlebih dahulu” kata Yosina.

Lebih lanjut dikatakan Yosina, meski Kabupaten Sarmi adalah daerah yang masih sangat muda tetapi itu tidak menjadi kendala karena pihaknya selalu ingin belajar untuk dapat mengimbangi pelayanan yang dilakukan oleh daerah lain.

“Banyak hal yang harus kita pelajari di Kabupaten Jayapura karena di Sarmi kita merasa kurang sehingga hal ini kami rasa perlu dilakukan guna menjalin kerja sama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bupati Sarmi, Drs. Eduard Fonataba Melalui teleconference langsung dari Sarmi.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sarmi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jayapura yang sudah mengajak kami untuk bekerja sama. Dengan adanya system pemerintahan berbasis elektronik ini kami juga akan berjuang untuk membangun dari titik-titik terlemah yang ada di Kabupaten Sarmi sehingga Sarmi bisa lebih baik kedepannya” singkat Fonataba. (yurie)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles