Peduli Warganya, Bupati Wondama Minta Warga untuk Gunakan Bansos Dengan Bijak

Wondama, Reportasepapua.com – Meski bantuan yang diberikan tidak banyak, namun bersyukur itu cara terbaik berterima kasih kepada Tuhan, melalui pemerintah masyarakat dapat berbagai bantuan sosial di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang saat ini melanda dunia.

Tentunya Bansos di berikan sebagai langkah mengurangi dampak ekonomi dari Covid-19. Untuk pelaksanaan bansos yang ter-cover, Bupati kabupaten teluk Wondama Bernadus A Imburi ingatkan data penerima bansos di perhatikan dengan baik oleh istansi yang bertugas menyalurkannya agar tidak terjadi tumpang tindih penyaluran bantuan kepada warga Kabupaten Teluk Wondama, sehingga pemerataan Bansos bagi warga terdampak Covid-19 semua dapat merasakannya.

Lanjut dia, pada prinsipnya apa yang diupayakan pemerintah di tengah pandemi Covid-19 semata-mata untuk mencegah masyarakat dari penularan Covid-19. Tidak untuk kepentingan ekonomi, keluarga apalagi kepentingan politik.

“Apa yang dibuat pemerintah semua itu baik adanya, kita patut bersyukur di tengah kesulitan ini pemerintah pusat hingga daerah bisa salurkan berbagai bantuan kepada warga terdampak Covid-19 termasuk kita di kabupaten teluk Wondama, salurkan dengan baik tepat sasaran dan tidak boleh tumpang tindih” ujar Bupati Imburi ketika menghadiri dan menyaksikan langsung pembagian bansos Bantuan Langsung Tunai (BLT) di kampung Uryemi, Jumat, (15/5).

Turut menyaksikan penyaluran BLT yang bersumber dari dana desa, di Kampung tersebut Mantan Dosen Universitas Cendrawasih (Uncen) ini juga katakan penyaluran BLT harus tepat sasaran dan warga penerima BLT agar menggunakan anggaran tersebut dengan baik sebab akan di pertanggungjawabkan olek kepala daerah kemudian nanti.

“Meski tak seberapa, namun ini sangat membantu kita harus bersyukur, gunakan anggaran ini secara bijak sehingga dapat penuhi kebutuhan keluarga selama Covid-19,” ujar dia.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa ia sangat mencintai rakyat Wondama oleh sebab itu rakyat Wondama diharapkan lakukan pencegahan semaksimal mungkin taati semua anjuran pemerintah demi mencegah Covid-19 sebab ungkap Imburi jika satu saja orang Wondama terpapar Covid-19 dirinyapun berpeluang terpapar sebab dia akan datang dan mengunjungi rakyat yang dicintainya sebab seantero masyarakat Wondama adalah keluarganya.

Imburi juga meminta agar masyasrakat kabupaten Teluk Wondama berdoa kepada Tuhan agar Wondama dan Papua Barat serta Indoensia bahkan dunia luput dari pandemi Covid-19.

“Saya sangat cinta rakyat Wondama oleh sabeb itu saya harap semua rakyat Wondama taati semua anjuran pemerintah, kita semua rakyat Wondama baku sayang, kalau ada yang tidak baku sayang saya yakin dia bukan orang Wondama. berdoa kepada Tuhan mohon agar Tuhan luputkan Covid-19 dari kabupaten Wondama, Papua, NKRI bahkan seluruh dunia,” pintah Imburi.

Di tempat yang sama pula, Penjabat kepala kampung Uryemi Kenny Hendrik Inggesi menuturkan jumlah penerima BLT di kampunyanya sudah terdata dengan baik dan dirinya jamin tidak akan terjadi tumpang tindih penyaluran Bansos.

“Penerima BLT 26 KK, ini merupakan penyaluran BLT tahap pertama semua warga kami sudah terkoodinir dengan baik,” ujar Kenny

Lanjut dia hampir 80 persen warganya kebagian berbagai Bansos yang disalurkan pemerintah di tengah pandemi Covid-19 diantaranya Bansos BLT, BPNT dan Bansos Petani dan Nelayan.

“Dari 150 KK warga Uryemi, Penerima Bansos PKH 50 KK, pertanian 30 KK dan BLT 26 KK, yang belum tersalurkan sisa Bantuan Perikanan dan BPNT. Masih ada 44 KK belum terdata bantuan sama sekali namun saya tidak bisa pastikan semua terima, akan kita sesuaikan dengan petunjuk dari pusat, saya pastikan tidak tumpang tindih,”tandas Kenny.

Masih di kampung Uryemi Pendamping Tenik wilayah distrik Rasiei Yohana Baransano mengungkapkan sebanyak Rp. 15.600.000 (lima belas juta enam ratus ribu rupiah) merupakan penyaluran tahap pertama dan tahap kedua akan di salurkan pekan depan. “penyaluran BLT anggaran Dana desa yang bersumber dari APBN tahap pertama sebesar Rp.15.600.000 disalurkan hari ini juga sampai selesai dan tahap ke dua akan disalurkan hari Selasa depan ini, (19 Mei 2020) dengan nilai anggaran yang sama pula,”jelas Yohana. (SR)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansSuka
2,812PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles