JAKARTA, Reportasepapua.com – Merasa sangat Prihatin Terhadap Kondisi Wabah covid-19 yang Membuat Sejumlah Warga dan Mahasiswa Asal Papua Terdampak baik dari segi pendidikan dan segi ekonomi. Untuk Itu Anggota DPR RI, Fraksi NasDem dari Dapil Papua, Ina Elisabeth Kobak langsung teringat akan kondisi para mahasiswa dari dapilnya yang berada di wilayah Jabodetabek, Malang dan Jogjarkata, dimana Mereka terisolasi, Ditambah Lagi mereka berada jauh dari keluarganya dan tidak bisa kembali ke Papua karena situasi wabah saat ini.

Keprihatinan Ina, dilakukan dengan membantu para mahasiswa untuk kebutuhan Pangan sehari-hari, sehingga mereka mendapatkan perhatian ditengah kesulitan yang terjadi saat ini. Bantuan Sembako yang berupa beras, mie instant, telor, gula kopi dan peralatan mandi serta sejumlah uang untuk pembayaran listrik.

“Saya berharap bantuan sedikit ini dapat meringankan beban para mahasiswa Papua yang berada di Jabodetabek, ” Kata Ina Elisabeth Kobak dalam Rilisnya untuk Media Reportasepapua Baru Baru ini.

Politisi NasDem Wanita asal Papua ini juga mengingatkan agar para mahasiswa tetap menjaga physical distancing dan mematuhi sejumlah protocol covid-19 yang ditentukan Pemerintah antara lain dengan sering cuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan banyak orang. Para mahasiswa diminta bersabar dan terus menjaga kesehatan ditengah situasi seperti sekarang ini, tetap belajar dirumah adalah cara terbaik untuk memutus penyebaran wabah ini. “Mari bersama-sama kita lawan covid-19 ini dengan disiplin dan semangat dalam menjalankan social distancing. semoga wabah ini segera berlalu dan kita sama-sama bisa beraktifitas secara normal kembali,” Pungkasnya.

Bantuan berupa sembako, kebutuhan sehari-hari juga diberikan Ina sebagai bentuk kepedulian terhadap konstituennya yang berada di Jogjakarta dan malang. Apalagi mereka saat ini berada dalam kondisi yang terisolasi karena diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan dalam posisi yang jauh dari keluarga mereka di Yahukimo. Dihubungi melalui ponsel pribadinya Ina menjelaskan bahwa bantuan tersebut dimaksudkan agar bisa mengurangi beban para mahasiswa dan mereka tetap bisa menjalankan PSBB ini dengan baik sehingga resiko penularan virus Covid-19 bisa diminimalisir. Ina juga meminta kepada para mahasiswa agar tetap mematuhi anjuran Pemerintah melakukan Protocol Covid-19, menjaga physical distancing , menjaga kesehatan diri dan tetap belajar meski dilakukan dikediaman masing-masing.

“Kami dari seluruh mahasiswa IPMY korwil se-Jabodetabek mengucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya kepada Kakak Ina Kobak selaku Anggota DPR RI yang telah membantu kami dana untuk memenuhi kebutuhan kami makan dan minum selama Isolasi Diri di dalam asrama,” demikian disampaikan Niko Kobak, koordinator IPMY Se-Jabodetabek melalui pesan dari ponsel pribadinya.

Sementara itu Ketua KPMY ( Komunitas Pelajar & Mahasiswa/I Yahukimo ) Korwil Malang melalui pesan singkatnya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Ina Elisabeth Kobak sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari daerahnya.

“Kami Komunitas Pelajar & Mahasiswa/i Yahokimo (KPMY) yang berdomisili di Kota Studi Malang raya mengucap syukur kepada Tuhan, karena atas kasih dan pertolongan Tuhan, sehingga Ibu Ina Elisabeth Kobak, S.T.,M.M. Anggota Komisi VII DPR RI telah membantu kami dana untuk melengkapi kebutuhan kami makan, minum demi mencegah Covid-19 ini, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian dan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran dan materi dari Ibu Ina,” Tambahnya.

Hal yang sama disampaikan juga, Etis Antallo Sub, Koordinator Mahasiswa Yahukimo Wilayah Yogyakarta, mahasiswa/i yang berada di Yogyakarta sungguh sangat terbantu dengan adanya bantuan berupa sembako, kebutuhan sehari-hari dan sejumlah uang saku. Sebagai mahasiswa yang mengandalkan kehidupannya dari kiriman orang tua di kampung, sementara kondisi orang tua mereka juga terdampak dengan Wabah Covid-19 ini, sehingga kiriman juga tersendat, maka bantuan dari Anggota Dewan ini jelas sangat membantu. Dengan bantuan ini mereka menjadi lebih tenang tinggal di asrama tidak khawatir kekurangan bahan pangan untuk beberapa minggu ke depan. Saat dikonfirmasi melalui ponsel pribadinya Etis berharap tindakan ini bisa menginspirasi Anggota Dewan yang lain agar lebih memperhatikan nasib para mahasiswa/i perantau seperti dirinya dan teman-temannya terutama saat kondisi sulit seperti sekarang ini.

“Dari mahasiswa/i Yahukimo yang berdomisili di Yogyakarta, mengucapkan terima kasih kepada KK Ina yang mana membantu kami bantuan serupa uang yang telah kami terima, kami tidak bisa membalas kebaikan dan ketulusan hatinya KK,” Pungkasnya.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, politisi NasDem Ina membenarkan mengenai bantuan tersebut, Menurutnya dalam kondisi sulit seperti sekarang ini dimana daya beli masyarakat menurun dan ekonomi melemah maka membantu sesama apalagi yang masih mahasiswa dan tinggal di perantauan yang jauh dari keluarga mereka adalah tindakan mulia yang harus dilakukan saat-saat ini sebagai aksi nyata Anggota Dewan kepada konstituen yang diwakilinya.

“Saya bisa memahami kondisi dan situasi mereka saat ini, dan inilah saatnya saya hadir untuk mereka”, kata Srikandi NasDem tersebut. Dirinya juga meyakini bahwa dirinya bukan satu-satunya Anggota Dewan Fraksi Partai NasDem yang peduli terhadap masyarakat lemah, teman-teman seperjuangannya di NasDem baik yang di DPR RI maupun di DPRD juga berbuat demikian, kita sama-sama berbagi, sama-sama berjuang untuk rakyat dan inilah kontribusi NasDem yang mengusung restorasi dan senantiasa memperhatikan situasi dan kondisi ekonomi bangsa saat ini. Ina menyampaikan bahwa pada masa Pandemi seperti ini, Masyarakat secara otomatis mengharapkan wakil – wakil rakyat untuk berkontribusi membantu masyarakat semua elemen baik itu secara kebijakan maupun pada sentuhan langsung.

“saya juga berharap agar para mahasiswa/i bisa memaklumi kondisi seperti ini dan agar semuanya bisa tetap menjaga kesehatan dengan melakukan protocol covid-19 dengan baik, jaga jarak satu sama lain, hindari berkumpul yang berpotensi pada resiko penularan virus corona serta seringlah cuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker,” Tutupnya. (Redaksi Reportase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here