Paldam XVIII/Kasuari Gelar Transfer of Technology Ranpur Anoa

Manokwari, Reportasepapua.Com – Untuk mendukung tugas pokok, Kodam XVIII Kasuari dalam menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Provinsi Papua Barat. Guna mewujudkan personel yang andal ini menguasai Alutsista kendaraan tempur (Ranpur) Anoa Kegiatan ToT Ranpur Anoa yang digelar Paldam XVIII/Kasuari ini diikuti oleh 13 orang Prajurit dari tiga satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari, Paldam (5), Hubdam (5), dan Yonif 761/KA (3), dengan materi personel dari PT. Pindad.

Demikian keterangan yang disampaikan oleh Kapaldam XVIII/Kasuari, Kolonel Cpl Ardiansyah,
Pada prinsipnya, Transfer of Technology ToT.merupakan salah satu cara yang efektif untuk dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan personel dalam mengoperasionalkan maupun proses pemeliharaan Ranpur Anoa tersebut.

Lebih lanjut diungkapkan, jalannya ToTndiawali dengan pemaparan secara teori oleh Tim PT Pindad kepada para peserta, yang meliputi materi Power Trai Drive Train Electrical dan alat komunikas Kemudian dilanjutkan dengan praktek di lapangan tentang pengenalan Ranpur Anoa dan bagian-bagiannya, seperti panel-panel dan bagian2 dari Ranpur Anoa.

Selain itu juga praktek tentang pengetahuan kerusakan yang sering terjadi pada Ranpur Anoa, praktek cara mengatasi troubleshooting_ pada Ranpur Anoa, bongkar pasang ban, penyetelan rem, dan bongkar pasang senjata pada Turret Ranpur Anoa.

“Para peserta juga melaksanakan praktek tentang penggunaan Alkom, yang meliputi pemasangan antena radio, penyetelan frekuensi radio, komunikasi radio antar Ranpur, dan cara mengatasi troubleshooting pada Alkom dan frekuensi radio,” ujar Ardiansyah.

Hal itu juga praktek bagaimana mengemudi Ranpur Anoa, komunikasi radio pada saat Ranpur berjalan, cara parkir, konvoi Ranpur, dan komunikasi radio secara terpadu dari Ranpur APC dengan Ranpur Komando,” tutup Kapaldam XVIII/Kasuari. “Ini di maksudnya prajurit ini mampu menguasai nanti bisa mengaplikasikan jika bertugas,” tuturnya. (Dhy).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles