KPU Papua Imbau Media tak jadi Alat Kepentingan Politik

0
39

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua mengimbau media massa di Bumi Cenderawasih agar bertindak untuk mencerdaskan masyarakat dan bukan menjadi alat kepentingan politik semata. 

“Media harus membantu menggiring opini publik melalui pemberitaan yang sehat dan tidak menyesatkan, serta harus berimbang. Selain itu hak jawab dan hak koreksi juga harus idealis,” terang Komisioner KPU Papua, Adam Arisoi, disela-sela kegiatan tatap muka bersama insan pers, Kamis (28/7/2022), di Jayapura.

Masih menurut Adam, KPU Papua menyadari bahwa apapun yang dilakukan, jika tanpa dukungan media, pasti tidak akan diketahui oleh masyarakat luas. 

“Artinya, pers berperan sangat penting dalam menyampaikan informasi. Sehingga kita harap media sebagai pilar keempat bangsa, bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemilu serentak yang mencerahkan dan menambah pengetahuan,” sebut dia.

Adam pada kesempatan itu lantang meminta pekerja pers agar turut berperan dalam menyukseskan penyelenggaran Pemilu 2024 di wilayah setempat. Sebab media saat ini diperhadapkan dengan sejumlah tantangan dalam Pemilu 2024. Dimana diantaranya, tantangan sebagai media yang netral dan independen.

“Untuk itu, ada beberapa catatan KPU soal media dari pengalamanan sebelumnya, bahwa adanya pro dan kontra di media akibat kepentingan tertentu. Sehingga informasi yang disampaikan tidak bersifat netral. Makanya pada kesempatan ini, kami harap kedepan media tetap berjalan lurus,” tandas Adam. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here