Kick Off Program Kampung Cahaya Tiba di Kampung Bugis Holtekamp Jayapura

0
49

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA – Reportasepapua.co.id – Kick Off Kampung Cahaya yang merupakan program PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, melalui Yayasan Baitul Maal (YBM), kali ini menyasar Pondok Pesantren Daarul Ilmi Kampung Bugis Holtekamp. Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengapresiasi perhatian PLN di distrik batas negara RI-PNG di Muara Tami.

“Desa Cahaya Holtekamp ini merupakan Program pemberdayaan berbasis kawasan. Atas nama pemkot jayapura dan masyarakat kota jayapura. Distrik kami yang terjauh, Distirik Muara Tami, saya menyaksikan langsung dan menghadiri bersama dengan GM PT PLN Unit Induk wilayah Papua dan Papua Barat dan pengurus Yayasan YBM dari pusat dan Papua,” katanya di Kampung Bugis Holtekamp, Sabtu (19/9).

Melalui program kampung cahaya, diharapkan mampu mencetak generasi pondok pesantren yang soleh dan soleha, beriman dan berilmu tinggi, juga ditopang dengan pemberdayaan ekonomi. PLN juga menyerahkan CSR pemberdayaan masyarakat, yakni tempat pengembalaan kambing. Kemudian, ada juga penyerahan beasiswa sekolah dari tingkat SD sampai perguruan tinggi di tanah Papua.

“Kita bisa melihat di daerah perbatasan RI PNG dulunya penerangan listrik hanya dari jam 06.00 WIT sampai jam 00.00 WIT. Sekarang, sudah 24 jam daerah di Skouw Sae, Skouw Yambe, Skouw Mabo dan juga kampung yang berbatasan langsung dengan PNG yaitu Koya Koso, sudah 24 jam penerangannya dan air bersih jg sudah menikmati,” katanya.

Wali Kota berterima kasih atas sumbangsih PLN terutama dalam mensukseskan PON XX. Pihak PLN telah mensuplai kebutuhan listrik di Kota Jayapura seperti di dapur umum PON XX dan di fasilitas akomodasi lainnya.

Sementara itu, General Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B), Abdul Farid, mengatakan bahwa PLN juga memiliki Yayasan Sosial yaitu Yayasan Baitul Amal Jayapura dan Yayasan Sosial. “Salah satunya yaitu membantu pemberdayaan masyarakat, Pendidikan, dan ekonomi.”

Abdul Farid menjelaskan pada Hari Sabtu tanggal 18 september 2021 ini penyerahan santunan dan bantuan lengkap diberikan mulai dari santunan lansia, santunan yatim piatu, bantuan pendidikan dari mulai SD sampai Perguruan Tinggi serta dilengkapi dengan pemberian gerobak cahaya yaitu media untuk peningkatan ekonomi.

“kami juga menambah peternakan kambing seperti yang sudah diterapkan ditempat lain. Pembinaan terus berjalan dan tetap ada pendampingan disini. juga akan dikembangkan di tempat lain. ini semua adalah program dari YBM yang merupakan Yayasan Amil Zakat berbasis perusahaan yang mengelola dana zakat para pegawai PLN.” tutupnya (stella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here