JAYAPURA, Reportasepapua.com – Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE menilai kerja Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua lambat dalam berbelanja alat kesehatan (Alkes). Padahal anggaran yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Papua dalam menangani virus corona atau covid-19 sangat besar jumlahnya.

“Tap dalam membeli alat kesehatan (alkes) tim covid-19 provinsi lambat,” kata Jhony Banua Rouw, SE kepada wartawan Selasa (5/5).

Menurut Jhony Banua Rouw, tim satgas covid-19 tidak perlu menunggu alat kesehatan habis baru belanja lagi. Sebab, saat ini seluruh dunia sangat membutuhkan alat kesehatan (alkes) yang berhubungan dengan virus corona.

“Virus inikan melanda seluruh dunia, jadi kalau ada uang langsung beli saja, tidak usah ditahan-tahan. Dan kalau pun terjadi perbedaan harga itu hal yang wajar, karena kalau tunggu lagi belum tentu barangnya itu masih ada,” ujar Jhony Banua.

Menurut Politisi Partai NasDem ini, jika waktu pencarian dan pengiriman yang dipersoalkan kemudian terjadi kekosongan alat kesehatan, itu tidak tepat.

“Kami sudah buktikan. Kami pesan Kamis tapi barangnya tiba Minggu. Jadi intinya jangan lambat harus cepat,”pesannya.

Bahkan kata Jhony, Satgas Covid-19 Papua juga harus memberikan kewenangan ke Dinas Kesehatan untuk mengambil langkah cepat membeli alat kesehatan.

“Kami juga membantu Labkesda Papua dengan menyerahkan 500 swab spesimen dan 300 rapid tes,” pungkasnya. (tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here