Kelurahan ardipura Terpilih jadi kelurahan GISA

Jayapura, reportasepapua.com – GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) di kota jayapura 2019, maka dilakukan pelanyanan keliling oleh Dinas kependudukan dan pencatatan sipil yaitu perekaman dan pencetakan KTP-EL, Kartu idenditas anak (KIA), kartu keluarga KK dan Akta kelahiran. Pada tahun 2018 telah dilakukan 21 pelayanan GISA dari dispendukcapil kota jayapura. Pada tahun 2019 dimulai dari kelurahan ardipura agar seluruh warga bisa mendapat dokument kependudukan dan pencatatan sipil.

Wakil wali kota jayapura, Ir H Rustan Saru. MM Berharap agar warga kota jayapura sadar akan tertib administrasi dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Diharapkan agar satu org hanya mempunyai 1 kartu tanda penduduk dan tidak ada yang dobel, dan tidak ada KTP ganda maupun pemilih ganda pada saat pencoblosan nanti. Bukan saja KTP tapi juga termasuk kartu keluarga, idenditas anak, dan akta nikah, diharapkan bagi warga yang datang ke kota jayapura yang belum mendaftar mempunyai KTP agar segera mendaftar.

Rustan menambahkan direncanakan akan membuat suatu peraturan daerah memberikan sanksi terhadap pelayanan dan denda bagi warga yang tidak memiliki KTP di kota jayapura, dengan sanksi tidak bisa diberikan pelayanan di puskesmas, dan meminta untuk setiap lurah aktif untuk menghimbau warga yang belum mempunyai KTP agar dapat difasilitasi oleh dispendukcapil bisa diganti dari daerah asal ke jayapura, Agar data yang ada valid.

Sementara itu, Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) kota jayapura, Dr. Merlan S. Uloli, SE, MM menyampaikan “Ini adalah wujud kehadiran pemerintah di tengah tengah rakyat melalui program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan yaitu GISA dimana kelurahan ardipura dipilih menjadi salah satu kelurahan yang ditetapkan melalui SK walikota sebagai kelurahan Tertib dokumen kependudukan, nantinya diakhir tahun 2019 seluruh warga masyarakat di kelurahan tersebut sudah memiliki dokumen kependudukan dan tidak ada yang terlewatkan. Untuk itu dispendukcapil jemput bola dengan langsung melakukan perekaman di RW VIIII ardipura ini, dengan pelayanan rekam, cetak dan jadi di tempat”.

Merlan menegaskan, “merupakan kepedulian dari pemerintah kota jayapura turun langsung melayani di tengah tengah masyarakat, dimana banyak yang datang ke kantor dispendukcapil kota jayapura dikarenakan adanya pendaftaran polisi, tentara dan CPNS, dan berharap pada hari sabtu dispendukcapil langsung mengadakan pelayanan di kelurahan langsung dan tidak harus ke kantor dispendukcapil harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga”.

Merlan mengakui, bukan saja perekaman Ektp untuk pilpres dan pileg namun seluruh dokument kartu akte kelahiran anak dimana harus memenuhi target tahun 2019 mencapai 88 % dan masih 85 % masih sisa 3 % dan berharap anak anak yang ada dikelurahan ardipura ini bisa semua mengurus dokumen tersebut dan akan dicetak, dan direncanakan akan dilakukan pelayanan sebanyak 7 kali dalam program GISA ini. (Stella)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter facebook=”tagdiv” twitter=”tagdivofficial” youtube=”tagdiv” style=”style8 td-social-boxed td-social-font-icons” tdc_css=”eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9″ custom_title=”Stay Connected” block_template_id=”td_block_template_8″ f_header_font_family=”712″ f_header_font_transform=”uppercase” f_header_font_weight=”500″ f_header_font_size=”17″ border_color=”#dd3333″]
- Advertisement -

Latest Articles