Kampung Nosolanop Tsinga Menyimpan Pontensi Besar untuk Kejahteraan Masyarakat Papua

JAYAPURA, Reportasaepapua.com – Pemberdayaan dan penggalian potensi alam di Papua terlihat tidak ada habisnya, hamparan tanah yang luas dan menyimpan kekayaan beragam, seperti disajikan begitu saja. Namun sayang kekayaan tanah Papua ini belum dapat dimanfaatkan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Masih menyimpan kerinduan akan melanjutkan bidang kuliah, Yan Magal berkeinginan membangun kampung halamannya yang berada di Kampung Nosolanop Tsinga Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika Papua.

Yan Magal  yang sebelumnya telah menamatkan pendidikannya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tersebut menganggap pendidikan dan berbagai pelatihan di kampus dapat menjadi ilmu pengetahuan, dan hal itu yang mendukung untuk dapat dikembangkan sewaktu pulang ke Papua

“Setelah sekian banyak ilmu yg didapat, kita tidak bisa berdiam diri begitu saja. Kita harus kembali ke kampung untuk menggali potensi disana agar ilmu yg diambil bisa menjadi manfaat untuk bersama,” ungkap Yan Magal.

Dengan terciptanya keterampilan, hal itu akan membuat masyarakat menjadi mampu dan tidak ketergantungan dengan perusahaan atau koorporasi lainnya yang berkonotasi negatif.

“Menjadi mandiri adalah satu hal yang penting. Yang saya lihat selama ini, masyarakat cenderung merasa puas dengan apa yang telah mereka miliki. Padahal itu belum seberapa, kepuasan mereka hanya berjangka satu atau dua tahunan, bukan tentang pandangan puluhan tahun kedepan,” ujar Yan yang mengutarakan pendapatnya agar masyarakat dapat bekerja keras dan tidak berpangku tangan.

Bercermin dari pergolakan yang masih terjadi di Distrik Tembagapura, Yan mengatakan bahwa salah satu faktor terciptanya situasi keamanan yang kondusif adalah dari tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini juga berjalan seiringan dengan ketersediaan dan fasilitas.

“Iya, itu hanya masalah perut. Jika semua ini akan dilakukan dan bertujuan untuk hasil yang baik, maka kita juga memerlukan keseriusan dari berbagai pihak untuk mendukungnya,” tambahnya.

Diketahui wilayah Kampung Nosolanop Tsinga Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika menyimpan sumber daya yang dapat dimanfaatkan, potensi terbesarnya ada di bidang pertanian kopi (sudah mendunia) dan ketersediaan sayur mayur melimpah.

Yan juga membuka diri terhadap setiap orang yang ingin mendukungnya dan berharap agar terdapat mitra kerja yg mau bersama sama membangun kampungnya atas berbagai potensi yang ada.

Karena selama ini pihaknya merasa kesulitan sebab hanya ia sendiri yang mengurusi setiap kebutuhan yang harus dipenuhi. (redaksi)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansSuka
2,809PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles