Kabaintelkam Komjen Paulus Waterpauw Datangi Yalimo, Pastikan Situasi Jelang PSU Aman

0
39

YALIMO, REPORTASEPAPUA.COM – Memastikan Situasi di Kabupaten Yalimo Aman, Kabaintelkam Polri Komjen Drs. Paulus Waterpauw Setelah berkunjung ke Kabupaten Boven Digoel, Juga Mendatangi Kabupaten Yalimo.

Kabupaten yalimo akan menggelar PSU di dua distrik, sehingga demi memastikan Situasi disana, Kabaintelkam langsung Bertolak menggunakan Pesawat Kecil jendral Bintang Tiga itu tiba di Yalimo, Kamis Kemarin.

Setelah itu Kabaintelkam langsung Gelar Pertemuan di Aula Mapolres Yalimo,  yang dihadiri  Kapolres Yalimo AKBP Hesman.Sotarduga Napitupulu S.H., S.I.K., M.H., Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Situmean, Waka Polres Yalimo Kompol Agustinus Tandibua, Kabag Ops Polres Yalimo AKP Agustianto S.Sos.,M.H, Ass III Kab Yalimo Simeon Fusage, Kepala Suku Yalimo Luki Kepno, Para Perwira, BKO Brimob serta anggota Polres Yalimo.

“Pemilihan itu tujuannya memilih anak bangsa anak asli daerah yang memiliki integritas yang baik dan layak sehingga dalam proses pembangunan kabupaten Yalimo ini akan berkembang pesat. Maka siapa yang terpilih dialah yang dipercayakan masyarakat untuk membangung,” ucap Paulus.

Disisi lain mantan Kapolda Papua ini pun menyarankan agar penyelenggra serta pegawasan pemilu untuk melaksanakan dilaksanakan deklarasi Siap terpilih dan tidak.
“Saya sampaikan kepada KPU dan Bawaslu bahwa harus mencanangkan deklarasi siap menang dan siap kalah, namun yang terjadi dilapangan sering tidak ada yang mau mengalah. Maka dari itu harus dilaksanakan deklarasi Siap terpilih dan juga siap tidak terpilih,” ucapnya.

Ketika ada pelanggaran dalam pemilu, Paulus meminta untuk segera laporkan kepada pihak yang terkait dan juga Sentra Gakkumdu yang ada. Bahkan didirnya menegaskan dalam pelaksanaan PSU TNI-Polri dalam status netral dalam memihak.

“Jika ada kendala dan Hambatan segera laporkan langsung kepada kami agar kami segera dan dapat membuat langkah,” tegasnya.

Sementara itu ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen memaparkan saat ini jadwal Pemungutan Suara Ulang (PSU) sudah. terkait dengan kotak suara dan pelipatan surat suara dilaksanakan di Wamena dikarenakan Gudang Logistik kami berada di Wamena.

Sedangkan untuk Surat Suara Kata Yehemia dicetak di Kota Surabaya, dan akan selesai pada akhir April dan langsung diterbangkan dari Surabaya menuju Wamena. Dan dari Wamena Langsung menggunakan Pesawat menuju Distrik Apalapsili dan Welarek.

Ia berharap proses pendistribusian logistik ini untuk seluruhnya sampai ke kampung-kampung yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) berjalan lancar.

“Kendala Kami dilapangan yaitu yang seharusnya logistik ini sampai ke kampung masing-masing, namum yang ada dilapangan logistik tersebut dihalang-halangi oleh massa dari kedua paslon sehingga terjadi pelanggaran-pelanggaran dan hambatan pada saat pendistribusian logistik dilaksanakan. Kami berharap proses pendistribusian logistik ini untuk seluruhnya sampai ke kampung-kampung yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), serta para masyarakat saya harap mendukung KPU pada setiap proses PSU dilaksanakan,” bebernya.

Adapun yang dapat kami sampaikan kepada Jendral terkait DPT yang akan melaksanakan PSU yakni Distrik Apalapsili dan Distrik Welarek. Yang mana dari Distrik Apalapsili berjumlah 7.414 Suara dan Distrik Welarek berjumlah 21.810 Suara, yang mana keseluruhan adalah 29.224 Suara. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here