WAMENA, Reportasepapua.com – Sebanyak 2.150 masker, 7 pak kos tangan dan 80 botol hendsanitizer habis terbagi. Aksi kemanusiaan ini diselenggarakan oleh komunitas Informasi Kejadian Kota Wamena (IKKW), Papua Trada Sampah, Baliem Valley Comunity, Kelurahan Wamena Kota, Labewa 2007, IPDN 19, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Komunitas wartawan di Wamena.

“Kami bersyukur kegiatan kami sukses dan semuanya terbagi kepada masyarakat,” kata koordinator aksi 1000 masker untuk Jayawijaya, Doni Baptista kepada wartawan di Wamena, Sabtu (9/5).

Dia menuturkan, ada beberapa titik yang menjadi sasaran pembagian Alat Pelindung Diri (ADP), diantaranya, Pasar Sinakma, Pasar Potikelek, Pasar Baru, prapatan SMA Negeri 1 Wamena, Jalan Irian.

“Selain itu, kami juga bagi di depan Tugu Salib, Prapatan Bank BRI, jalan Trikora dan Lapas Wamena,” jelasnya.

Menurutnya, saat pembagian masker memang banyak warga yang antusias menerima, namun sebagian kecil warga memilih tidak menerima ADP ini.

“Saya lihat, perlu pemahaman yang baik kepada warga tentang pentingnya gunakan masker bahhwa menggunakan masker menjadi salah salah satu tindakan yang efektif terhindar dari wabah Corona,” jelasnya. Sehingga, kata Doni, saat pembagian masker pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Selain masker, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya. Sementara itu, Ketua IKKW, Jhon Purun menegaskan, aksi 1000 masker untuk masyarakat Jayawijaya ini merupakan bentuk kepedulian berbagai komunitas untuk mendukung pemerintah dalam memerangi corona 19 di Jayawijaya.

“Ingat kita di Wamena ada kasus dan salah satu upaya untuk melindungi diri, keluarga dan warga Lembah Baliem adalah dengan cara mengikuti berbagai imbauan pemerintah, salah satunya pakai masker,” katanya.

Pesan Jhon, sebaiknya warga tetap gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan setelah aktifitas keluar rumah. Dia juga mengapresiasi semua pihak yang ikut ambil bagian dalam aksi kemanusiaan ini.

“Terimakasih teman-teman komunitas, Palang Merah Indonesia, para donatur yang berdonasi untuk kegiatan ini,” ucap Jhon.

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya Juga Terus melakukan pencegahan Penyebaran Corona di Wamena, dan Meminta Warga Menaati Instruksi BUpati. (Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here