Hadirkan Gerobak Kopi Papua Q’tong Pu Kopi, Bertujuan Untuk Memberdayakan Anak Jalanan

0
236

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA – Launching gerobak Kopi Papua Q’tong pu kopi dari Komunitas Anak Anak Jantung Kota yang terjun ke usaha kopi pada hari selasa (7/7) di ex pasar ampera. Diharapkan komunitas jantung kota yang tergabung dalam Q’ tong pu kopi bisa menjadi pengusaha kopi papua yang sukses dengan style anak-anak jalanan namun membuat kopi dengan standar tinggi untuk masyarakat kelas bawah dengan harga yang terjangkau.

founder Komunitas Anak-Anak Jantung Kota, Pdt. Naomi Selan mengatakan “kami bersyukur karena Q’tong pu kopi bisa dilaunching hari ini. Nama yang simple, ini nama dari kita sendiri. Mereka menyebut diri mereka Tukang Kopi bukan barista. Saya berharap mereka bisa menjadi pengusaha kopi papua dengan cita rasa yang luarbiasa dengan cita rasa kafe.” katanya

Naomi menjelaskan ada sekitar 88 jiwa anak jalanan yang tinggal di ex ampera dan sekitar 40 anak sudah dilatih dalam 3 hari untuk Q’ tong pu kopi. Sekitar 60% anak anak Q’ tong pu kopi lahir dan tinggal di kota jayapura. Namun ada juga anak jalanan yang tidak menetap di kota jayapura sekitar 200 anak. Dengan hadirnya Q’tong pu kopi papua semoga bisa menjadi solusi bagi anak anak jantung kota agar siap pulang ke rumah karena sudah dibekali.

“Harapan saya mereka menjadi pengusaha dan punya mainset entrepreneur sedini mungkin untuk menjadi tuan diatas tanah sendiri dan mempekerjakan teman mereka agar bisa bangkit dalam bisnis kopi ini. Mereka punya kemampuan otodidak dan semangat untuk hidup dan punya naluri hebat untuk mengoperasikan alat alat pembuatan kopi ini.” katanya

Komunitas anak-anak jantung kota Q’ tong pu kopi ini mengolah kopi asli dari papua. 1 gerobak Q’ tong pu kopi bisa menghabiskan 5 – 6 kilo kopi. Jumlah perbulan sekitar 6 kilo kopi yang dihabiskan untuk penjualan gerobak kopi Papua. Pendapatan perhari dari 1 gerobak kopi rata rata bisa mendapatkan 6 – 8 juta perbulan.

Naomi berpesan kepada pemerintah agar anak anak komunitas jantung kota ini harus diterima, harus di didik, dirangkul, dilatih dan diperhatikan.

Gerobak Q’ tong pu kopi papua sudah ada 5 gerobak yang beroperasi di kota jayapura yaitu di angkringan paldam, di kantor walikota jayapura, ex terminal lama, taman mesran dan samping mall jayapura dan parkiran motor sagu indah plaza jayapura. (stella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here