KEEROM, REPORTASEPAPUA. COM – Bertempat di Kampung Ifia- fia Arso 11, Distrik Arso Barat, Kab Keerom terjadi pertikaian antara Suku Bate dengan Suku Wamena, Kamis (30/4). Pada pertikaian itu satu orang dinyatakan meninggal dunia atas nama (YB) saat dilarikan dirumah sakit dan berapa orang mengalami luka- luka.

Pada hari, Jumat (1/5), Bupati Kabupaten Keerom MUH Markum, SH.MH.MM melakukan pertemuan dengan masyarakat Kampung Ifia- fia di rumah duka, dengan pengawalan TNI dan Polri.

Dalam arahan Bupati Keerom MUH Markum mengucapkan terut berdukacita atas insiden yang terjadi sehingga adanya korban meninggal dunia, semoga arwahnya diterima Tahun Yang Maha Esa. “ Bupati mengharapkan semua pihak dan para kepala suku untuk menahan diri agar permasalahan akan diselesaikan. Kejadian ini merupakan yang tidak diiginkan, namun telah terjadi. Untuk itu mari kita bersama- sama menjaga agar tidak terjadi lagi pertikaian dan bersama- sama menjaga kedamaian diatas tanah ini,”ujar Markum.

Sementara Dandim 1701/ Jayapura Kolonel Inf Yerry Harapantua Simatupang menyampaikan turut berduka cita atas kejadian ini, semoga almarhum dapat diterima Tahun yang maha esa. “ kami bersama pemerintah daerah akan menyelesaikan permasalahan ini dan akan mengawal pemekaman sampai dengan selesai,”ujar Dandim.

Hal senada yang disampaikan Kapolres Keerom AKBP. Baktiar Joko Mujiono, S.IK.MM menyampaikan turut berduka cita atas kejadian ini  karena keselapahaman , padahal hal ini tidak boleh terjadi. Untuk itu sebagai aparat keamanan akan mengawal proses pemakaman selanjuknya hingga selesai dan menyelesaikan permasalahan antara kedua bela pihak agar tidak terjadi lagi aksi balasan.

Sementara itu Tokoh Masyarakat Pengunungan Tengah Leki Enumbi mengatakan, bahwa almarhum (YB) meninggal dunia diakibatkan permasalahan tanah  sehingga terjadi pertikaian. Oleh kerana itu Jenazah akan dimakamkan ditanah ini. “ masalah ini kami anggap sudah selesai dan jangan sampai terjadi lagi. Ini merupakan jalan tuhan yang sudah ditekdirkan,”ujar Leki Enumbi. (Rhy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here