Bupati : OPD Harus Berikan Dukungan Kepada GTMA

0
503

SENTANI, Reportasepapua.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menegaskan bahwa semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura harus memberikan dukungan kepada Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA).
Penegasan bupati tersebut di sampaikan saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi GTMA bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Kamis (07/02/2019).

Menurutnya, pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh GTMA adalah pekerjaan besar yang perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Terutama pimpinan OPD, walaupun yang termasuk dalam GTMA hanya beberapa OPD.

“Apa yang dilakukan oleh GTMA merupakan bagian dari mendukung program Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA). Sebab itu, marilah kita semua memberikan dukungan supaya kerja-kerja GTMA menjadi nyata,” ujar Pencetus Kebangkitan Masyarakat Adat.
Bupati menjelaskan, pemetaan wilayah yang dilakukan oleh GTMA adalah bertujuan untuk mendukung sekaligus sebagai langkah konkrit dalam mewujudnyatakan program kebangkitan masyarakat adat.

Awoitouw menuturkan, lewat pertemuan GTMA yang diselenggarakan ini dapat melahirkan sejumlah keputusan-keputusan mendasar dalam kerja nyata GTMA kedepan.
Ditempat yang sama, Ketua Harian Gugus Tugas Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura, Wellem Felle, SE mengakui bahwa selama ini perhatian dari OPD sangat rendah.

“Saya harus menyampaikan secara terbuka bahwa kami mengalami kewalahan untuk bergerak dalam melakukan pemetaan wilayah adat,” paparnya.

Kendati demikian, GTMA Kabupaten Jayapura tetap akan berjuang bersama dengan masyarakat adat untuk melakukan pemetaan kewilayahan adat di sembilang wilayah adat, yang dimulai dari Wilayah Adat Buyakha. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here