Bupati dan Wabup Yahukimo Dilantik 4 Mei

0
23

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Sekretaris Daerah Papua Dance Yulian Flassy mengkonfirmasi penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo terpilih Pilkada Serentak 2020, Didimus Yahuli – Esau Miram, yang semestinya digelar hari ini (Jumat,red) secara virtual, sebagaimana Radiogram Mendagri.

Hasil keputusan akhir, pelantikan bakal dilakukan pada 4 Mei 2021 oleh Wakil Gubernur Papua yang rencananya dilangsungkan di Kota Jayapura.

“Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo terpilih seharusnya Mendagri yang lantik hari ini. Tetapi dikomunikasikan lagi dengan Gubernur Papua, akhirnya diputuskan Wakil Gubernur Papua yang nanti melantik,” jelas Sekda, Jumat (30/4/2021) di Jayapura.

Sekda pastikan, penjadwalan ulang pelantikan bupati dan wakil bupati Yahukimo sudah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri. Dimana pelantikan tidak digelar secara virtual, namun langsung oleh Wagub Klemen Tinal.

Kendati demikian, pelantikan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yang pastinya akan membatasi jumlah tamu serta duduk berjarak.

“Intinya kepastian pelantikan Bupati Yahukimo sudah dikuatkan dengan surat Mendagri. Jadi kita tinggal melaksanakan,” ujarnya.

Sementara disinggung terkait terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Sekda Dance katakan baru bisa dilakukan setelah masa jabatan kepala daerah yang lama, berakhir di 24 Mei 2021 mendatang.

“Sebenarnya pelantikan Bupati Supiori dilaksanakan pada 4 Mei 2021 juga. Hanya waktu dicek, masa jabatan kepala daerah lama berakhir di 24 Mei 2021”.

“Makanya kita fokus pelantikan Bupati Yahukimo dulu nanti setelah masa jabatan kepala daerah yang lama berakhir baru kita lantik yang baru,” tutupnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here