NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Buka Pendaftaran Bacaleg, DPD Perindo Teluk Wondama di Dominasi OAP dan Kaum Hawa – Reportase Papua

Buka Pendaftaran Bacaleg, DPD Perindo Teluk Wondama di Dominasi OAP dan Kaum Hawa

banner 120x600

Wondama,Reportasepapua.co.id- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) telah membuka Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sejak 14 Februari hingga 27 Februari 2023.
Saat ini Bacaleg Perindo di dominasi oleh Orang Asli Papua (OAP). Uniknya lagi dari Bacaleg yang sudah mendaftarkan diri sejak tanggal 14 Februari 2023 hingga 24 Februari 2023 banyak di dominasi oleh kaum hawa ketimbang kaum adam.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perindo Yanes Moses Golongi mengatakan, pendaftaran Bacaleg tahun ini melebihi kuota yang di targetkan Partai pada masing-masing Dapil. Untuk dapil I dan II kuota telah terisi penuh bahkan kelebihan, sementara untuk dapil III sampai hari ini kuota sudah terisi 80 puluh persen.
Untuk di ketahui, Kabupaten Teluk Wondama ada III Dapil. Dapil I Meliputi Distrik Wondiboi, Rasiei, Naikere, dan Kuri Wamesa. Dapil II meliputi Windesi, Nikiwar, Wamesa, Soug Jaya, Rumberpon, Roswar, Roon dan Teluk Duari sementara untuk dapil III hanya meliputi distrik Wasior.
‘’Kami di Wondama sendiri telah menyepakati bahwa kami mulai buka pendaftaran Bacaleg dari tanggal 14 Februari sampai dengan tanggal 27 Februari 2023. Perlu saya jelaskan bahwa sampai hari ini tanggal 24 ternyata antusias dari pada anak-anak muda, baik laki-laki maupun perempuan sangat tinggi. Bahkan, Dapil I dan II kuota Bacaleg sudah terisi penuh bahkan lebih yang mendaftarkan diri. Kami apresiasi antusias masyarakat terhadap Perindo. Di Dapil II dengan kuota 5 kursi yang mendaftar 6 orang Bacaleg. Di dapil I dengan kuota 6 dan yang mendaftar ada 7 orang Bacaleg. Sementara untuk dapil III sendiri kuota kursi 9 namun hingga tanggal 24 Februari 2023 sudah 7 orang yang mengembalikan berkas dan kami pastikan pada tanggal 27 pekan depan akan lebih pula,’’Ujar Golongi kepada awak media reportasepapua.co.id di kantor sekertariat DPD Perindo distrik Wasior kemarin.
Golongi juga mengatakan, Tim Seleksi yang di bentuk oleh DPD Perindo akan meninjau kembali, sehingga kualifikasi para Bacaleg adalah kualifikasi yang mampu berjuang mengisi kuota kursi yang di targetkan oleh DPD Perindo Kabupaten Teluk Wondama. Yang pasti kata Golongi keputusan panitia seleksi tidak akan memihak kepada siapapun namun akan tetap mmeperhatikan rambu-rambu sesuai pedoman pusat hingga ke daerah.
‘’Kembali kepada kami sebagai tim seleksi, juga akan melihat dari beberapa sisi untuk kita bisa memastikan dan memasukan orang-orang yang betul-betul, bisa memenuhi sesuai kriteria-kriteria itu. Keputusan kami tidak akan memihak kepada siapapun, dan perlu juga saya menjelaskan bahwa ternyata dari partai perindo kami buka peluang, dan yang di dominasi itu adalah kaum perempuan. Perempuan terbanyak dari dapil I dan II. Kalau presentasinya 70/ 30. Tentunya ini sudah memenuhi kuota kaum perempuan,’’, terang Golongi.
Selain presentasi perempuan juga tinggi tetapi juga di dominasi oleh OAP.kata Golongi hal ini yang sangat di harapkan olehnya.
‘’Sebagai ketua Partai, saya mengapresiasi dan bangga, kenapa karena banyak di dominasi oleh OAP dan ternyata di kalangan perempuan mereka berani untuk tampil. Bersaing di negeri ini untuk menyuarakan hak-hak perempuan bukan hanya kepentingan perempuan itu sendiri tapi mereka berani untuk menyuarakan kepentingan negeri,’’ tutur Golongi.
Selaku ketua DPD Perindo Golongi menegaskan Perindo tidak mengumpul mahar bagi Bacaleg siapa saja yang hendak mendaftar. ‘’Sesuai arahan dari pengurus pusat. Bahwa perindo tidak memungut biaya pendaftaran atau mahaf bagi bacaleg. Atau uang pendaftaran kami tidak punya kepentingan kesana. Siapapun bisa mendaftar, dari kalangan siapa saja. Yang hadir mendaftarkan diri ini dengan berbagai macam profesi. Anak-anak muda yang sudah ada di tengah-tengah masyarakat,’’ Tukas Golongi.
Golongi juga mengklaim saaat ini partai perindo juga telah nyata bagi masyarakat Indonesia, lebih kususnya untuk masyarakat Teluk Wondama, oleh sebab itu Golongi dan jajarannya pun optimis di tahun 2024 Perindo akan menangkan kursi Bacaleg sebanyak dua digit yang artinya menang dua kali lipat dari yang biasanya.
‘’Sebagai ketua partai saya ingin sampaikan bahwa perindo sudah siap. Sejak 2019 sudah mulai berlomba dan sampai hari ini kami ada perwakilan dari pada perindo dan kami nyata untuk masyarakat Wondama kami sudah berikan kontribusi, bagaimana membangun bersama pemerintah daerah. Kami ada di tengah-tengah masyarakat kami ada disetiap dapil kami. Dan bertanggungjawab mengawal aspirasi mereka. Sesuai dengan arahan dari ketua umum kami bahwa dua digit yang artinya bahwa kita dua kali lipat dari kursi yang ada. Sebagai ketua partai saya juga optimis. Saya meyakini bahwa dua digit itu kami rebut dengan suara. Suara itu kami akan maksimal dan saya berharap penuh dan yakin mereka yang telah mendaftarkan diri ini mereka punya peluang mempertahakan kursi dan lebih dari yang sudah ada saat ini itu menjadi cita-cita kami sebagai pengurus partai dan juga yang terlibat. Perindo juga sudah ada di hati masyarakat maka kami juga akan ada di tahun 2024.’’ tutur Golongi. (SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *