Apresiasi Gerak Cepat TNI AU Responi Insiden Oknum Anggota Injak Kepala Warga, Gubernur : Semoga Tidak Terulang

0
45
Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus.

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA –  Gubernur Papua Lukas Enembe mengapresiasi jajaran TNI AU yang bertindak cepat merespon insiden kekerasan injak kepala warga di Merauke, oleh oknum anggotanya.

Tindakan tegas sesuai aturan hukum bagi oknum anggota pelaku pelanggaran serta permintaan maaf secara resmi diutarakan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kadispenau Marsma Indan Gilang, hingga Komandan Lanud Yohanes Abraham Dimara Merauke Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto.

Sembari berharap insiden seperti itu tidak lagi terulang lagi, Gubernur Lukas tetap berharap agar pelaku kekerasan dan penyiksaan warga sipil di Merauke, ditindak sesuai hukum yang berlaku.

“Kita pun berharap agar seluruh aparat penegak hukum yang ada di Papua dapat menjadikan ini sebagai pelajaran dan refleksi diri, agar ke depan hal serupa tidak lagi terulang,” tutur Gubernur Lukas, lewat Juru Bicara-nya, Muhammad Rifai Darus, di Jayapura, Rabu (28/7/2021).

Lukas pun meminta kepada seluruh warga Papua untuk tidak mempolitisir insiden itu. Namun tetap tenang dan terus memantau proses (hukum) yang sedang berjalan bagi kedua oknum aparat TNI AU yang melakukan kekerasan dan penyiksaan.

“Situasi aman dan kondusif tetap harus dikedepankan dalam masa pandemi ini,” imbau dia.

Diketahui, pada Senin 26 Juli 2021, terjadi insiden yang melibatkan dua oknum anggota TNI AU yang tertangkap rekaman kamera melakukan tindak kekerasan kepada warga sipil di Merauke.

Tindakan itu dinilai tidak dapat dibenarkan dalam sudut pandang apapun, baik hukum maupun kemanusiaan. Apalagi korban kekerasan merupakan seorang warga yang berkebutuhan khusus.

Permintaan maaf secara langsung diutarakan secara resmi oleh jajaran Pimpinan TNI AU di Jakarta dan Merauke. Sementara tindakan tegas sesuatu aturan hukum yang berlaku di lingkungan TNI, bakal disanksikan kepada dua oknum anggota tersebut.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here