Advokat Perkumpulan Penasihat dan Konsultan Hukum Indonesia (PERHAKHI) Resmi Dilantik

0
131

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA – Perkumpulan Penasihat dan Konsultan Hukum Indonesia (PERHAKHI) telah melantik 5 (lima) Advokat baru dan sekaligus pelantikan pertama dalam sejarah berdirinya PERHAKHI yang digelar Senin, 11 Oktober 2021 bertempat di Hotel Grand Abe Jayapura,

Organisasi Advokat yang dipimpin oleh Advokat kenamaan Indonesia Dr. Hj. Elsa Syarief, SH, MH, ini menunjukan eksistensi dan kiprahnya dalam mencetak advokat-advokat yang berkualitas dengan mengedepankan profesionalitas.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum PERHAKHI Dr. Hj. Elsa Syarief, SH, MH, yang dibuka dengan Pembacaan Surat Keputusan DPP PERHAKHI Tentang Pengangkatan Advokat PERHAKHI di Wilayah Hukum Jayapura oleh Sekretaris Jendral PERHAKHI Pitra Romadoni, SH. MH., dimana sebanyak 5 orang yang dilantik, yaitu :

  • EDI AMOYE, S.H.
  • FESTUS NGRONMELE, S.H.
  • PURWONO TJOKRO DARSONO, S.H.
  • ONESMUS BEASLY YOKU, S.H.
  • A.A NGR HENDRY DARMAWAN, S.H.

Sekretaris Jendral DPP PERHAKHI Pitra Romadoni, menjelaskan bahwa dengan terlaksananya Pelantikan Calon Advokat PERHAKHI, telah membuktikan bahwasanya Eksistensi Para Pengurus PERHAKHI di seluruh Indonesia tidak diragukan lagi. “Terlebih lagi bahwa figure Dr. Hj. Elsa Syarief, SH, MH, mempunyai pengaruh dalam dunia advokat tanah air sehingga kegiatan-kegiatan yang dilangsungkan oleh para pengurus di daerah berjalan dengan lancar,” Katanya kepada wartawan.

Pitra Romadoni menambahkan PERHAKHI juga sangat mengedepankan Persaudaraan diantara sesama anggota sehingga keakraban yang tercipta memudahkan para calon advokat dan advokat untuk berdiskusi dan dan berbagi ilmu dibidang hukum dalam mengembangkan bakat dan keilmuannya.

Setelah Pelantikan oleh DPP Perkumpulan Penasihat dan Konsultan Hukum Indonesia (PERHAKHI) terlaksana kemudian pada hari Selasa Tanggal 12 Oktober 2021 sebanyak 4 (empat) orang diambil sumpahnya sebagai Advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Asli Ginting, SH, MH, dengan disaksikan oleh Hakim Hari Tri Hadiyanto, SH, MH, dan Hakim Paluko Hutagalung, SH, MH.

Dalam sambutannya pada acara pelantikan Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Asli Ginting, SH, MH mengatakan para advokat baru ini harus memegang teguh janji dan sumpah advokat karena Tuhan melihat hati bahwa para advokat ini telah bersumpah dan berjanji maka diharapkan para advokat membela dengan baik dan jujur setiap perkara yang ditangani.

“Selain itu banyak masyarakat masih belum sadar dan paham hukum sehingga diharapkan peran dari para advokat baru ini untuk memberikan arahan kepada masyarakat. Kepada pengurus PERHAKHI disampaikan bahwa para advokat yang di sumpah hari ini adalah hasil seleksi yang telah dilakukan oleh organisasi yang merupakan para advokat terbaik,” Ungkapnya.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa Pengadilan Tinggi Jayapura semakin berbenah terutama dalam urusan penyumpahan advokat bahwa Penyumpahan Advokat tidak memerlukan biaya.

“Diharapkan baik organisasi dan para advokat baru ini untuk dapat bermitra dengan Pengadilan, bermitra dalam arti untuk bekerja sama menegakan hukum dan keadilan tetapi tidak berarti harus seiring sejalan dan diharapkan ada kritikan dan masukan kepada Pengadilan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD PERHAKHI Papua dan Papua Barat Advokat Yuliyanto SH, MH, dalam closing statementnya menekankan kepada para Advokat yang baru di sumpah bahwa kedepannya diharapkan para Advokat baru ini bersedia membantu masyarakat yang tidak mampu.”

“Untuk urusan rejeki biarlah Tuhan yang mengatur namun fungsi dan peran sebagai Advokat khususnya di Papua harus tetap dilakukan terutama membantu masyarakat yang masih membutuhkan bantuan hukum dan harus didasari dengan hati nurani membantu tanpa pamrih,” Tutupnya. (anto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here