10 Prajurit Raih KPLB karena berhasil Menyadarkan KKSB

0
340

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Sebanyak Sepuluh Anggota TNI AD  Kodam/XVII Cenderawasih Akhirnya mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa atas dedikasi dan keberhasilan prajurit yang mengembalikan anggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Perbatasan RI-PNG beberapa waktu lalu ke pangkuan NKRI. Anggota KKSB dengan keluarganya ini kembali ke pangkuan ibu pertiwi, sekaligus menyerahkan satu buah pucuk senjata api jenis M16.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Yoshua Pandit Sembiring mengatakan, jika kenaikan pangkat prajurit ini ada yang bersifat reguler dan ada yang karena prestasi yang mereka buat. Menurutnya, ada 10 prajurit yang mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dan 8 orang diantaranya dari Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 328/DGH dan 2 orang personil Korem 172/PWY.

“Prestasi mereka bisa mengajak KKSB yang dulu di PNG kembali ke Indonesia dan menyerahkan satu pucuk senjata M16, yang artinya ini adalah pendekatan teritorial yang diterapkan, bagaimana seorang lawan menjadi kawan. Jadi, atas keberhasilanya ini, mereka diberikan penghargaan tertingi berupa kenaikan pangkat luar biasa yaitu satu tingkat,” Ungkapnya.

Pangdam YP Sembiring berharap kepada prajurit harus menjaga territorial dengan baik dan membina masyarakat yang berada di perbatasan. Menjaga wilayah keamanan perbatasan agar tidak ada barang yang illegal masuk ke wilayah Indonesia.

Sepuluh prajurit yang menerima KPLB yaitu, anggota Yonif 328/DGH masing-masing Sertu Muhammad Bakti, Kopda Syafri Hadi, Kopda Budi Irama Putra, Kopda Iman Saputra, Kopda Hendri Yanto, Kopda Sigit Ariyanto, Kopda Aksan dan Praka Nugroho Cahyo Purnomo. Sementara dua lainnya anggota Kodam XVII/Cenderawasih, yakni Serma Mustari dan Serka Richard Baransano. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here